Ribuan warga masih miliki NIK Ganda

-- --
Permintaan layanan kependudukan di Dindukcapil dipadati warga 

Rembang-Dinas kependudukan dan catatan sipil (Dindukcapil) kabupaten Rembang hingga saat ini masih kesulitan mengatasi  keberadaan warga yang kedapatan memiliki Nomor Induk kependudukan (NIK) ganda, Pasalnya mayoritas warga pemilik NIK Ganda datanya masih berada di daerah lain .

Kabid kependudukan Dindukcapil Rembang Dwi Agung Prasetyo mengungkapkan kendala utama penyelesaikan NIK ganda yakni sulitnya menghapus data di daerah sebelumnya , sebab selama penghapusan data belum bisa dilakukan maka pencetakan KTP Elektronik  belum bisa dilakukan petugas.

Misalnya sebelumnya warga Rembang kerja di Irian Jaya rekam membuat NIK warga Irian Jaya setelah itu pulang di Rembang  rekam lagi dengan NIK berbeda, akhirnya jadi ganda. apabila pihak dari Irian jaya menolak untuk memindahkan  maka  pembuatan NIK terkendala. 

Penyebab banyaknya warga memiliki NIK ganda adalah saat warga pindah kekota lain tidak menyertakan surat pindah sehingga oleh petugas kependudukan di daerah yang baru dianggap belum memiliki NIK atau belum pernah melakukan rekam data.

Sesuai aturan ddindukcapil rembang saat ini terus melakukan perbaikan bagi pemilik NIK ganda, justru yang menjadi persoalan petugas cukup kesulitan lantaran sebagian besar mereka pernah rekam didaerah lain .

Tercatat saat ini masih ada sekitar 3000 orang warga rembang tercatat memiliki NIK ganda, Jumlah tersebut sejak pertama kali dilakukan perekaman data E KTP massal pertama kali.

Dari jumlah tersebut sekitar 350 sudah diselesaikan karena NIK didaerah sebelumnya sudah dicabut dan tersatat sebagian besar mereka adalah warga dikecamatan kota Rembang ( Mufti affandi )


Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::