Temuan Fosil Ditimbun Kembali

-- --
Danang anggota Fokmas Lasem tunjukkan temuan tulang


Lasem-Jengah menunggu sekira sembilan bulan lamanya tanpa ada kepastian kapan balai arkeologi (balar) datang melakukan penelitian membuat Forum Komunikasi Masyarakat Sejarah (Fokmas) Lasem berencana menimbun kembali temuan tulang manusia yang diperkirakan berusia ratusan tahun. Benda yang diduga sarat nilai sejarah tersebut demi kemanannya dititipkan di Polsek setempat sejak ditemukan.

Ketua Fokmas Lasem Ernantoro menjelaskan temuan tulang belulang manusia dalam jumlah banyak tersebut digali dari kawasan Dukuh Nyamplung Desa/Kecamatan Sluke. Terkait benda yang lembaganya menduga sarat nilai sejarah itu telah dilaporkan ke balar untuk ditindaklanjuti tetapi sampai sekarang tak ada kepastiannya kapan akan diteliti.

Lanjut Toro, Fokmas memutuskan akan menimbun kembali tulang tersebut di tempat ditemukan karena selama ini telah cukup lama dititipkan Polsek Sluke. Sebenarnya tak hanya tulang manusia saja yang ditemukan,  juga telah dilaporkan ke Balar, diantaranya serakan batu bata merah yang ukurannya tak lazim seperti halnya barang serupa saat ini.

Toro terangkan batubata merah didapati di Desa Sendangagung Kecamatan Pamotan, kemungkinan berasal dari reruntukan candi atau pesanggrahan yang jumlahnya mencapai ribuan potong. Langkah pengamanan terhadap temuan batu bata kuno telah dilakukan sebab sebagian diantaranya pernah diambil warga namun dikembalikan lagi, setelah berkoordinasi dngan aparatur desa setempat dan pada lokasi dipasang tanda peringatan dilarang menjarah dugaan benda bersejarah tersebut.

Ditambahkan, selain itu Fokmas belum lama ini telah meneliti temuan yang diyakini sebagai situs sejarah di Desa Bitingan Kecamatan Sale, berbentuk layaknya komplek pemakaman kuno yang ditandai adanya bebatuan nisan penanda makam tokoh agama jaman dahulu. Di lokasi tersebut  dia merasa takjub karena di salah satu batu menhir tertatah lambang huruf jawa kawi yang perlu penelitian mendalam guna memastikan kapan keberadaannya, sebab identik dengan peninggalan era Majapahit. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::