Upayakan Pelestarian Daerah Resapan Air

-- --


Sarasehan Pelestarian Daerah Resapan Bersama Pesanggem,   Muspika, Tomas, dan Pemuda  Setempat

         Pamotan – Berkurangnya debit air di sebagian besar sungai yang ada di Rembang merupakan salah satu indikasi berkurangnya ketersediaan air dalam tanah. Padahal air merupakan elemen terpenting bagi kehidupan manusia. Sehingga perlu kiranya diadakan berbagai langkah guna melestarikannya. Salah satunya  adalah dengan menjaga daerah resapan air. 

Terkait hal ini, para pemerhati lingkungan Pamotan bersama pihak perhutani dan muspika kecamatan Pamotan merencanakan pelestarian lahan perhutani di petak dua RPH Bedok BKPH Karas KPH Kebonharjo. Lahan yang berada di dekat goa kare ini menjadi perhatian untuk dilestarikan, karena lahan tersebut merupakan salah satu daerah resapan air. Pelestarian akan dilakukan dengan optimalisasi penanaman tumbuhan pohon berkayu, namun dalam hal ini pihak perhutani juga mesti memikirkan nasib para petani pesanggem yang selama ini hidup dari memenfaatkan lahan tersebut untuk bertanam tanaman pangan.

           Menanggapi hal tersebut, Suyanto Asisten Perhutani KPH Kebonharjo dalam saresehan yang digelar di lokasi petak dua RPH mbedok kemarin (31/3) mengatakan, pelestarian memang mendesak dilakukan mengingat pentingnya ketahanan persediaan air. Pelestarian ini bukanlah merupakan kepentingan orang-orang tertentu melainkan kepentingan bersama terutama bagi keberlangsungan hidup manusia. 

Sementara sebagai wujud tanggungjawab moral pada petani pesanggem, dalam sarasehan telah ditarik satu kesimpulan untuk pengalihan tanaman pangan dengan tanaman buah-buahan atau tanaman lain yang mempunyai nilai jual lebih dari tanaman pangan serta tidak lepas dengan fungsinya untuk membantu proses peresapan air. Direncanakan, akan ada lahan seluas 30 hektar yang akan ditanami buah-buahan dengan prosentase 20% dari jumlah tanaman yang ditanam di lahan tersebut. (warih puspita arum)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::