APK Dan APM Fluktuatif Dipengaruhi Jumlah Penduduk

-- --


 APK jenjang pendidikan dasar di Kabupaten Rembang telah lampaui  ambang batas skala nasional

APK jenjang pendidikan SD sederajat Kabupaten Rembang telah lampaui 100 persen

Rembang-Kemudahan serta keringanan biaya pendidikan terus diupayakan tidak memberatkan masyarakat demi meningkatkan angka patisipasi kasar (APK) dan angka partisipasi murni (APM) dalam jenjang pendidikan dini, dasar dan menengah. 

Indikator keberhasilan kinerja institusi pendidikan salah satunya memang dilihat dari capaian APK dan APM pada semua jenjang pendidikan baik formal maupun informal. Bila menunjukkan tren posiitif atau terus naik maka bisa dikatakan berhasil membuat warga makin melek kebutuhan pendidikan. Hal tersebut dikatakan Kasubbag Perencanaaan Sekretariat Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Nugroho ditemui pada  peringatan Hari Pendidikan Nasional kemarin.(2/5/)

Lanjut Nugroho, hanya saja terkadang terjadi fluktuasi, bergantung dengan jumlah penduduk yang tiap tahun juga tidak selalu berjumlah sama. Sementara APK dan APM dihitung dan dipengaruhi jumlah anak usia sekolah yang menjadi bilangan pembagi dalam mendata. Namun untuk wilayah Rembang  APK untuk SD sederajat sudah lebih dari ambang batas yang dipatok yakni mencapi 100 persen lebih.

            Nugorho mencontohkan  tolok ukur partisipasi anak usia sekolah dalam mendapatkan pendidikan layak berdasar pendataan APK dihitung dari jumlah siswa SMA dibagi jumlah penduduk usia 16 hingga 18 tahun. Sedangkan APM dihitung dari jumlah penduduk umur 16 hingga 18 yang sekolah di SMA. 

             Nugroho tambahkan data APK dan APM kurun watku tiga tahun secara grafis terlihat naik dan turun di beberapa jenjang pendidikan, Untuk pendidikan dini tak disajikan berbanding antara dua pendataan, tercatat tahun 2013 sebanyak 82,98 persen, 2014 88,08 persen dan 2015 93,73 peren. (heru budi s)

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::