Biaya Pilkades Serentak Ditanggung Pemda

-- --
As 1 Sekda Rembang Subakti jelaskan biaya pilkades serentak ditanggung pemkab 

Rembang-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2016 berbeda dengan sebelumnya, kini para calon tidak lagi dikenakan biaya pelaksanaan karena seluruh anggaran ditanggung APBD. Pemkab Rembang berencana menggelar pilkades serentak tahap 2 di 43 desa pada bulan Juli 2016, menunggu selesainya penyusunan Perbup sebagai acuan juklak dan juknis penyelenggaraan.

            Saat dihubungi, Asisten 1 Sekda Rembang Subakti menjelaskan Perbup tentang pilkades tengah dibahas bersamaan dengan Struktur Tata Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) desa, terkait pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, tentang pedoman keuangan desa dan pengelolaan aset desa. Tahapan awal persiapan pada pilkades mestinya sekarang sudah dimulai dengan pembentukan dan pelantikan panitia pemilihan oleh Badan Perwakilan Desa (BPD).

Sambung Subakti untuk pilkades serentak tahap 2 kali ini diikuti 43 desa, Pemkab Rembang telah menyiapkan anggaran sekitar Rp1,5 miliar untuk biaya penyelenggaraan pilkades sebagaimana diamanatkan dalam Undang Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa. Sehingga  panitia desa tidak lagi memungut biaya penyelenggaraan dari calon, seperti halnya pada pilkades serentak tahap 1 yang digelar November 2013 silam diikuti 239 desa.

Disinggung penentuan pemenang berdasar perolehan suara, dijelaskan pada pilkades serentak tahap 1 kemenangan calon masih mengacu ketentuan dengan quorum 2/3 dari jumlah DPT, adapun pada tahun ini tidak lagi menggunakan hal tersebut. Selisih satu suara sudah bisa dijadikan dasar menentukan siapa pemenangnya.

Subakti tambahkan, setelah selesai pilkades segera dilanjutkan pengisian perangkat desa yang kosong utamanya sekretaris desa. Pasalnya untuk memperlancar birokrasi pemerintahan desa, kekosongan saat ini diisi Plt yang kadang diampu ole perangkat desa lainnya. ( heru budi s )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::