Bunda-Paud siap Dorong Perkembangan PAUD

-- --
Bunda Paud Kab. Rembang Hasiroh hafid  memberikan materi Rakor PAUD tingkat kabupaten 

Rembang-Bunda PAUD,  siap ikut berperan mempercepat peningkatan jumlah layanan PAUD yang berbasis masyarakat dan mewujudkan pemerataan akses PAUD yang terjangkau. Hal itu disampaikan oleh Bunda PAUD Kabupaten Rembang, Hj. Hairoh Hafidz saat memberikan materi dalam rapat koordinasi dan kerjasama penyelenggaraan pendidikan anak usia dini tingkat kabupaten, di hotel Fave, lemarin (30/5).

Hasiroh hafidz mengatakan untuk menguatkan kelembagaan PAUD yang profesional , inovatif dan mandiri,  perlu layanan  PAUD yang berkualitas, holistik, dan integratif.  Saat ini di Rembang satu desa minimal sudah ada satu PAUD. Tercatat sudah ada 754 PAUD yang berbasis masyarakat, sedangkan negeri hanya empat.

Jika dilihat dari segi geografis, jika setiap desa sudah ada minimal satu PAUD maka anak-anak usia PAUD sudah tidak perlu jauh-jauh untuk mengakses pendidikan. Dari segi biaya pendidikan PAUD yang berbasis masyarakat ini biayanya harus terjangkau, terlebih ada anggaran di desa untuk PAUD, dan Bunda PAUD desa harus bisa berperan didalamnya.

Lebih lanjut, Hasiroh mengatakan pemberian layanan PAUD yang berkualitas holistik dan integratif dimaksudkan keberadaan PAUD di desa tidak boleh asal ada. Pembelajaran harus sesuai dengan kurikulum yang ada di Dinas Pendidikan. PAUD juga harus dikelola dengan profesional, harus memberikan pendidikan secara menyeluruh. Tidak hanya pelayanan pendidikan, tetapi anak-anak harus diperhatikan kesehatan, gizi dan perlindungan anak.

Terkait perlindungan kepada anak, Haziroh  berharap Bunda PAUD kecamatan untuk mensosialisasikan kepada bunda-bunda PAUD di desa agar menjaga anak-anak yang ada di desa. Karena pendidikan anak lebih banyak di rumah daripada di sekolah. Bunda-bunda PAUD Kecamatan maupun desa harus berkoordinasi dengan Komisi Perlindungan Anak Desa (KPAD) untuk menjaga agar anak-anak di didesa bisa berkembang dengan baik dan mereka terlindung dari kekerasan baik oleh orang tua mereka sendiri maupun orang lain.

Sementara itu Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan, Winaryu Kutsiyah mengatakan dengan kegiatan rakor PAUD ini berharap dari semua pihak bisa mendukung penyelenggaraan anak usia dini sesuai perannya masing-masing. 

Kondisi PAUD saat ini di Rembang sudah sangat baik dari segi kualitas. Pihaknya  sudah merintis dengan memberikan faslitasi diklat berjenjang bagi guru-guru PAUD yang belum mempunyai kualifikasi S1 dengan jumlah peserta 340, ditahun 2016 ini direncanakan 90 peserta, tahun 2017 sebanyak 500 peserta.( prasetyo budi wibowo )


Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::