Desa Ngulahan Sedan Ditata Guna Tujuan Wisata

-- --
Jalan masuk Desa Ngulahan sudah tertata menuju terbentuknya kasawan agrowisata

Karang Taruna Desa Ngulahan gotong royong perindah desanya songsong kawasan agrowisata mandiri

Sedan-Liburan cukup panjang selama empat hari dimanfaatkan karang teruna Desa Ngulahan Kecamatan Sedan melakukan gotong royong menata wilayahnya. Mereka bertekad mewujudkan desanya menjadi kawasan agrowisata secara mandiri.

Rosyid salah satu anggota karang taruna menuturkan potensi desanya layak dikembangkan untuk tujuan wisata karena berpanorama indah dilatar belakangi area perbukitan. Bunga-bunga yang tumbuh liar ditata di sepanjang jalan desa dan gapura disiapkan batu besar dari wilayah setempat yang akan ditatah dan diberi warna sebagai penunjang daya tarik kunjungan wisatawan.

Pria yang juga seorang pelukis itu menuturkan, sejak lama sebenarnya anggota karang taruna ingin meningkatkan potensi desa, namun belum mendapat inspirasi. Ide muncul setelah salah satu rekan mereka bernama Niam mampu membudidayakan aneka tanaman pepaya sehingga dinilai sangat berarti bila desa setempat dikembangkan menjadi kawasan agrowisata.

Disinggung potensi lain dan konsep yang dikembangkan dalam kawasan agrowisata, Rosyid sebutkan ada tanaman ketela pohon lokal yang memiliki keunggulan dibanding daerah lain dan terus dikembangkan oleh para warga. Adapun terkait konsep kunjungan wisata dijelaskan perbukitan dengan bebatuan besar di sekelilingnya ditanami aneka bunga, kemudian disediakan kuliner berbahan baku ketela pohon berikut daun dalam bermacam menu ditunjang komoditi pepaya yang ditanam Niam.

`           Terpisah Niam pembidudaya aneka tanaman pepaya menuturkan dia mulai menggeluti bercocok tanam buah sekira dua tahun terakhir di lahan hampir seluas 4 hektare. Kali pertama ditanam yakni varietas Callina IPB 9 dan menuai sukses, mulai berbunga setelah 3 bulan dibudidayakan dan dipanen sepanjang waktu setelah 180 hari penanaman.

`           Menurut Niam, keunggulan pepaya varietas tersebut adalah meski hingga matang pohon tetap berwarna hijau tetapi daging cenderung merona merah jingga dengan kadar gula antara 10-12 brix, sehingga diterima oleh supermarket di kota-kota besar dan penggemar buah pepaya. Adapun yang kini sedang  tengah diuji coba yaitu vaietas pepaya sri gading dan merah delima, jika berhasil tentu akan membanggakan tak hanya dirinya saja tetapi seluruh warga desa.


Ditambahkan, keinginan rekan-rekannya anggota karang taruna menyiapkan Desa Ngulahan sebagai kawasan agrowisata tentu sangat didukungnya. Berikut segera disiapkan upaya meningkatkan hasil komoditas pepaya yang digarapnya dalam aneka bentuk kuliner dan untuk itu harus melakukan study banding ke daerah lain guna optimalisasi nilai ekonominya. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::