Hampir disetiap wilayah Responden menolak di sensus

-- --
Saekhudin mengungkapkan petugas sensus masih menemui responden menolak di sensus

          Rembang-Dari Hasil monitoring Pelaksanaan sensus ekonomi (SE) per tanggal 16 April 2016 di kabupaten Rembang, Badan pusat statistik (BPS) mencatat   pelaksanan sensus ekonomi dilapangan  berjalan lancar. Namun diakui masih ada beberapa kendala yakni responden yang menolak melakukan kerjasama dengan petugas sensus. Hal tersebut diungkapkan kepala BPS Rembang Saekhudin.

            Saekhudin menjelaskan, tercatat hampir di setiap wilayah sensus, petugas menemui kendala dilapangan karena tercatat ada  satu atau dua responden menolak dilakukan sensus. Walaupun sejauh ini tidak ada yang melakukan pengusiran petugas. Penolakan  pendataan dimungkinkan kurang adanya sosialisasi, belum adanya penjelasan kepada warga, atau responden antipati terhadap pemerintah.

Terkait Jumlah responden yang menolak disensus Saekhudin mengungkapkan pihaknya (BPS)  saat ini sedang menginventarisir terkait jumlah responden yang menolak dilakukan sensus . Kondisi ini telah ditindaklanjuti dengan meminta bantuan kepada penguasa wilayah setempat.

Misalnya kepala desa, camat atau nantinya dari pihak keamanan yang mendampingi, dan bisa menjelaskan bahwa pendataan sensus ekonomi tidak ada kaitannya dengan pajak dan digunakan untuk kepentingan pemerintah. Pasalnya, akses data  tidak ditampilkan secara individu tetapi secara agregat suatu wilayah .

Diakui Saekhudin dari penolakan tersebut ada ketakutan responden terhadap pajak, padahal BPS jauh-jauh hari telah melakukan sosialisasi melalui media cetak maupun media televisi.

`           Dari laporan pelaksanaan sensus yang sudah masuk hingga hari senin mencapai 46 persen, responden yang sudah didatangi mencapai 76 persen dan masih menyisakan  24 persen yang belum dikunjungi blok sensusnya, Sedangkan untuk dokumen yang sudah masuk di Kabupaten mencapai  5 persen lebih.

Tercatat Secara presentase paling banyak di kecamatan  lasem sudah mencapai  96 persen dan   54 persen sudah rampung dikerjakan dan Paling rendah kecamatan  sumber . Apabila tidak ada kendala pelaksanaan sensus ditargetkan tanggal 25 bisa rampung dikerjakan secara keseluruhan (Mufti affandi ) 

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::