Jelang Ramadhan Stok Tabung Melon Ditambah

-- --

Stok tabung melon ditambah jelang ramadhan dan hari raya idul fitri agar tak langka

Rembang - Menjelang Ramadhan  Pertamina Gasdom Region IV Jawa Tengah menambah kuota tabung gas 3 kilogram atau biasa disebut tabung melon untuk semua kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Rembang menerima tambahan sekira 8% dari jumlah tabung melon yang beredar di bulan sebelumnya, terbagi dua tahap sebelum bulan puasa dan menjelang hari raya Idul Fitri.

Kepala Bidang Energi dan Migas pada Dinas ESDM Rembang Imam Teguh Susatyo menjelaskan tabung melon yang beredar pada Bulan Juni nanti sebanyak 336 ribu lebih atau bertambah sekira 4% dari Bulan Mei sejumlah 330 ribuan. Pertimbangan menambah kuota tabung melon berdasar kebiasaan tahun-tahun lalu yakni konsumsi selalu meningkat seiring munculnya pedagang musiman menjajakan takjil dimana mereka pastinya menggunakan tabung melon untuk kebutuhan memasak, kemudian kalangan rumah tangga terjadi pemborosan dalam pemakaian sehingga otomatis kebutuhan terhadap gas juga bertambah dari kebiasaan.

Imam demiian sapaan akrabnya memprediksi sampai akhir bulan atau sepakan menjelang hari raya stok tabung melon bertambah aman lantaran adanya tambahan lagi sebanyak 4%. Mengacu kebijakan Pertamina yang menaikkan secara fluktuatif peredaran tabung melon menjelang perayaan hari raya.

Kepala Bidang Energi dan Migas pada Dinas ESDM Rembang Imam Teguh Susatyo dihubungi kemarin menjelaskan tambahan stok tabung melon untuk wilayah setempat mencapai 360 ribu tabung lebih atau berkisar 8 persen dari jumlah keseluruhan kuota tahunan. Keseluruhan tambahan tabung melon telah terdistribusi ke 5 agen diteruskan di pangkalannya untuk persiapan memenuhi lonjakan permintaa warga.

Imam sampaikan sebenarnya pada awal tahun lalu mengusulkan  tambahan tabung melon ke Gasdom Region IV Jawa Tengah Semarang sekira 15 persen dari jumlah tabung yang beredar di tahun 2015, namun hanya direalisasikan sekira 10%. Kurun waktu 2015 akumulasi tabung melon yang beredar di Kabupaten Rembang sampai dengan Desember mencapai sekira 4,102 juta unit, untuk tahun ini ditambah sekira 422.333 unit atau menjadi 4.524.333 unit.

Imam tambahkan walau tidak diberikan penuh sesuai permohonan tetapi hal tersebut tidak menjadi permasalahan karena secara berkala pasti ditambah sesuai dengan kebutuhan yang kondisional seperti halnya tahun-tahun sebelumnya. Adapun alasan yang mendasari usulan tambahan kuota tabung melon tiap tahun adalah karena kebutuhannya juga meningkat, diantaranya ada warga yang menikah kemudian membentuk KK baru dan tumbuhnya perekonomian rakyat dengan munculnya UMKM baru.

Disinggung antisipasi lonjakan konsumen BBM saat berlangsungnya arus mudik dan balik pada lebaran mendatang, Imam menyebutkan, tiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menerima tambahan kuota, bahkan salah satu diantaranya ditunjuk sebagai SPBU kantong guna mengatasi jika mendadak kekurangan stok. Hanya saja sampai saat ini pihaknya baru menerima pemberitahuan untuk tambahan jenis solar dan lainnya belum, oleh karena itu dijanjikan informasi tambahan stok semua jenis BBM akan disampaikan pada minggu kedua bulan ramadhan. (heru budi s)


Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::