Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa Diharap Sajikan Data Riil

-- --
Dengan terbentuknya KPMD diharap tak ada lagi warga yang luput pendataan warga miskin  seperti nasib mbah Kaminah dari desa kalipang-Sarang

Rembang - Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) merupakan orang-orang yang sangat dekat dengan masyarakat desa dan pemerintahan desa. Bisa dikatakan sebagai kader desa yang memegang posisi strategis untuk mengawal implementasi UU Desa, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di wilayahnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana Dwi Wahyuni ditemui belum lama ini menerangkan sebagai orang asli wilayah setempat tentu KPMD jauh lebih paham, tau dan mengerti tentang kondisi desa mereka yang sesungguhnya. Merupakan penggerak prakarsa masyarakat desa dan mereka yang akan mendampingi desa secara terus menerus.

Sambung Dwi Wahyuni, KPMD merupakan pengalihan pendamping lokal desa oleh Pemprov Jateng diganti dengan istilah tersebut sembari dipastikannya bila di seluruh Kabupaten Rembang telah terbentuk. Masing-masing berjumlah 5 personel dan tiap desa mendapat bantuan Rp5 juta untuk membayar honor mereka, dengan tupoksi diantaranya terkait pemberdayaan masyarakat, ekonomi, sarana-prasarana desa, perlindungan anak dan peningkatan partisipasi masyarakat. 

Ditambahkan, dengan adanya KPMD di tiap desa tentu nantinya juga melakukan pendataan data riil yang diperlukan untuk proses penggalian gagasan, seperti kelompok masyarakat yang ada di desa, data penduduk miskin dan rumah tangga miskin. Tujuannya guna membantu dalam pelaksanaan program pengentasan kemiskinan senantiasa tepat sasaran.

Atas terbentuknya KPMD se-Kabupaten Rembang sendiri diharapkan bertugas tanpa diskriminatif terhadap warga, harus mendata dan melaporkan secara nyata apapun temuan di lapangan. Hal tersebut dikatakan tokoh pemuda Desa Kalipang Kecamatan Sarang yang menginformasikan di lingkup tempat tinggalnya ada wanita lansia tak memiliki mata pencaharian tetap, tinggal di rumah tak layak huni dan belum sembuh dari sakit yang dideritanya sehingga perlu uluran tangan para tetangga untuk menyambung hidupnya. (heru budi s )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::