Karya Siswa SMK UFa Di Minta Wabup Diberi Perlindungan Hukum

-- --
Canting Elektrik buatan jamal dan udin segera diurus hak cipta dan paten 

Rembang-Canting yang biasa digunakan untuk membuat pola batik tulis dengan menggunakan cairan malam pada model konvensional biasanya dibuat dari bambu dan tembaga dengan tiga bagian penting yang diberi nama gagang, cucuk dan nyamplung. Namun kini marak dimodifikasi dengan tambahan daya listrik sehingga pembatik tak perlu meniup-niup canting dan takut cairan malamnya luber ke mana-mana.

            Canting elektrik karya Jamal dan Udin siswa kelas X jurusan TKJ SMK Umar Fatah membuat Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto kagum ketika mengunjungi stand milik sekolah dari Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang di ajang Rembang Ekspo. Seketika diinstruksikan supaya diurus hak cipta dan patent untuk memberikan perlindungan hukum ketika nanti dipasarkan sehingga tidak dibajak orang lain.

            Menanggapi arahan tadi Kepala SMK UFa Nur Rohman mengatakan segera menindaklajutinya, mengurus HAKI canting elektrik buatan dua siswanya bahkan tetap dinamakan identik dengan mereka. Meski biaya pengurusan ditanggung oleh sekolah, pihaknya juga tak akan memotong royalti yang menjadi hak dua siswanya tersebut. 

            Lanjut Nur Rohman, siswa pencipta canting elektrik memiliki pengetahuan elektro secara otodidak dan untuk meningkatkan potensi yang dimiliki sengaja diberinya tugas menginovasi canting elektrik dan ternyata mampu diselesaikan dalam waktu dua bulan terakhir. Satu hal yang membedakan karya Jamal dan Udin dengan barang serupa yang sudah ada di pasaran adalah tidak mengubah cara kerjanya  sehingga pembatik tradisional yang cenderung didominasi wanita tetap dapat menggunakan tanpa harus belajar mengoperasikan alat membatik itu.

Ditambahkan, perlatan membatik modern tersebut secara komplit dibanderol seharga Rp350 ribu, terdiri 1 unit adaptor Berikut kabel penghubung dan 4 bilah canting. Sampai hari ini baru dipasarkan di tingkat lokal dan sudah dipesan beberapa unit oleh Juhartutik warga Lasem, pemilik Butik Najma yang menggeluti usaha fashion berbahan baku kain Batik Lasem. ( heru budi s )
  
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::