Musda PAN Diwarnai Aksi Walk Out

-- --
Sukarmain utamakan konsolidasi untuk menguatkan kembali PAN Rembang

Rembang-Walaupun Musda Partai amanat nasional (PAN) Diwarnai aksi walk out salah satu kader senior yang mestinya layak masuk dalam formatur bakal ketua, namun Musda tetap berjalan lancar. Akhirnya Sukarmain kader senior partai yang dibesut Amien Rais dipercaya memimpin DPD PAN Rembang periode 2016-2021 didampingi Arif Budiman selaku Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP).

Kekecewaan disampaikan Nurudin Sodiq salah seorang pengurus harian DPD PAN Rembang yang melontarkan kata-kata penuh emosi ketika namanya tak disebut dalam formatur bakal calon ketua.  Selanjutnya Ketua DPC Lasem tersebut bersama pengikutnya meninggalkan arena Musda yang berlangsung Minggu (1/5/2016) di Gedung Haji Rembang.

            PAN memeng tergolong partai unik dalam menentukan siapa yang dipilih menjadi ketuanya, seperti halnya di Kabupaten Rembang total ada 324 hak suara terdiri pengurus di tingkat ranting atau desa 1 suara diwakili ketua, kemudian tingkat kecamatan 2 suara diwakili ketua dan sekretaris, Sedangkan pengurus kabupaten mengantongi 3 suara meliputi ketua, sekretaris dan bendahara. Penghimpunan suara dukungan dilakukan pra musda dan dilanjutkan diadakan pemilihan ketua.

Wakil Ketua DPW PAN Jawa Tengah yang juga mantan Ketua DPD PAN Rembang Arif Budiman menuturkan ada yang beda dari partainya dengan parpol lain adalah mekanisme pemilihan.

Pada pra musda dijaring 9 orang yang namanya masuk formatur dan mengerucut  tinggal 4 nama pada saat musda digelar. Selanjutnya secara aklamasi ditunjuk siapa yang dipercaya sebagai pemimpin dan person pengisi kursi MPP. 

            Lanjut Arif Budiman keputusan  diputuskan secara mufakat alias tidak voting, jika gagal mencapai kata sepakat maka pemilihan ketua DPD PAN diambil alih pengurus provinsi. Ke-9 nama yang muncul adalah  Arif budiman, Sukarmain, Fathoni, Nurudin Sodiq, Ema Purwati, Sutimin Suramto, Hakim, Munif dan Masdari, selanjutnya mengerucut tinggal  5 nama meliputi Arif Budiman, Sukarmain, Sutimin Suramto dan Hakim.

            Hasil Musda disepakatai Sukarmain kader senior partai yang saat ini tercatat sebagai anggota dewan dipercaya memimpin DPD PAN Rembang periode 2016-2021, didampingi Arif Budiman selaku Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP).

            Dihubungi usai kegiatan Sukarmain menjelaskan mengutamakan konsolidasi membenahi partai, adapun aksi walk out rekannya Nurudin Sodiq disebut merupakan bentuk aksi kekecewaan sesaat dan pasti secepatnya diselesaikan. Disinggung langkah mengembalikan kursi dewan yang hilang pada pileg, dikatakan akan menguatkan kembali akar rumput dengan tujuan jangka panjang dari 7 dapil terisi satu kader terpilih sebagai
anggota dewan. 

Pada pileg 2004 di Kabupaten Rembang PAN memiliki dua kursi di dewan yaitu Arif Budiman dan Nur Iksan, sementara hasil pileg 2009 tercatat empat caleg dari PAN terpilih menjadi anggota dewan yaitu Imam Zarkasi, Sukarmain, Jihad Asia Pustakawan dan Syahningsih, Sedangkan pada pileg tahun 2014 kembali memiliki dua kursi untuk Sukarmain dan Syahningsih. ( heru budi s )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::