Peduli Hutan Mangrove, Populasi Tanaman Ditambah

-- --
KKMD dan PAKAR rutin agendakan penanaman mangrove termasuk dijadwalkan pada Kecamatan Kaliori berlokasi kawasan yang dibabat oleh oknum tak bertanggung jawab  

Rembang - Dalam rangkaian peringatan Hari Bumi tahun ini di wilayah setempat, Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) Kabupaten Rembang bekerja sama dengan Pecinta Alam  Kabupaten Rembang (PAKAR) berusaha memperluas kawasan hutan mangrove yang dari BLH Kabupaten Rembang diperoleh data hingga akhir tahun lalu telah mencapai 26 hektare. Sedangkan hal bertolak belakang terlihat di Kecamatan Kaliori sepanjang Desa Dresi Kulon, Tunggulsari, Tasikharjo bahkan meluas sampai Mojowarno terjadi pembabatan pohon mangrove mencapai luasan 10 hektare.

Apa yang dilakukan KKMD Kabupaten Rembang bersama PAKAR di kawasan hutan mangrove Desa Pasarbanggi Kecamatan Rembang, mendapat apresiasi dari Suyadi pelestari lingkungan hidup desa setempat karena upaya penanaman pohon mangrove secara bertahap kini telah berkembang pesat, terbentang dari Kaliori hingga Lasem. Hal itu bukan hasil kerja secara instan, namun melalui berbagai tahapan dan proses panjang, sehinggasangat disayangkan jika atas tujuan pribadi atau kelompok ada pihak-pihak yang melakukan pembabatan demi kepentingan memperkaya diri sendiri.

Suyadi ungkapkan banyak orang luar menyebutkan mangrove di Kabupaten Rembang termasuk nomor satu di Indonesia, karena berfungsi alamiah mengatasi masalah abrasi di sepanjang garis pantai wilayah setempat. Selain itu pohon mangrove adalah jenis tanaman dengan sistem perakaran yang kompleks, rapat, dan lebat, sehingga dapat memerangkap sisa-sisa bahan organik dan endapan yang terbawa air laut dari bagian daratan juga menyebabkan air laut terjaga kebersihannya.


Menurut Suyadi penanaman mangrove tidak sebatas mencegah abrasi saja tapi juga untuk kelestarian alam di sekitar, jika pantainya menjadi hijau dan rimbun nantinya juga akan membuat banyak burung-burung dan biota laut yang hidup. Sehingga dengan sendirinya muncul sebagai wahana wisata bahari di lokasi tumbuhnya. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::