Pelaku Pariwisata Mendapat Banyak Gagasan

-- --
studi banding para pelaku bidang kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga di bandung

anggota pelaku bidang kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga saat berada di saung angklung


            Rembang-Salah satu anggota Pokdarwis desa Punjulharjo, Ubaidillah mengaku banyak hal yang bisa di dapat dari kunjungannya  di desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, terutama paket wisata yang dikemas oleh desa tersebut.

Menurutnya Desa wisata Punjulharjo sebenarnya memiliki potensi wisata yang tak kalah dari Lamajang. Selain Pantai Karangjahe desa ini memiliki situs perahu kuno dan dari dua obyek tersebut banyak potensi lain yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan.

Diantaranya potensi luar biasa yang dimiliki di Karangjahe home stay, kesenian barongan, Selain Barongan pihaknya  juga berencana memunculkan kreatifitas anak-anak melalui pelatihan tari untuk menyambut rombongan wisatawan.

Disebutkan Ubaidillah,Selama ini desa Punjulharjo menyajikan kesenian Barongan saja. Jika ada tari-tarian yang khas dan dimainkan oleh anak-anak desa setempat maka pemberdayaan kesenian dan hal yang bisa dinikmati pengunjung akan semakin bertambah.

Dari kunjungan di desa Lamajang dan Saung Angklung Mang Udjo dirinya juga terinspirasi untuk pembuatan kerajinan khas atau souvenir yang bisa dibeli wisatawan. Di Lamajang Karang Tarunanya bisa membuat gelas, teko dan nampan dari bahan bambu, di Saung Angklung Mang Udjo angklung bisa dikemas menjadi souvenir dengan berbagai macam bentuk, sedangkan di Karangjahe bisa saja dengan bahan baku bambu bisa membuat kerajinan miniatur kapal atau apa yang bisa menambah nilai jual.

Pimpinan  dari sanggar seni  Galuh Ajeng yang berangkat study banding, Puji Purwati menuturkan, setelah melihat pariwisata di Bandung muncul ide untuk mengembangkan tari-tarian khas untuk masing-masing desa wisata di Rembang.

Pihaknya  tergerak ingin membantu masing-masing desa wisata untuk mengembangkan tari yang ada hubungannya dengan potensi yang ada di desa wisata itu. Sehingga jika ada pengunjung mereka sudah siap mempunyai sebuah pertunjukkan tari yang memberdayakan anak-anak desa setempat.


Selama berkunjung di Kabupaten Bandung Pelaku pariwisata dari kabupaten rembang yang dikoordinir Dinbudparpora diterima di Villa Tjawede, dan Rombongan berkunjung ke desa wisata Lamajang dan saung Angklung mang Udjo, selama duahari satu malam tanggal 3-4 Mei 2016. (Mufti affandi)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::