PIK remaja desa Sanetan dinilai

-- --

Sluke - Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Remaja Gerakan Remaja Sehat Sanetan (GRESS), desa Sanetan, kecamatan Sluke, kemarin (14/5) mendapat penilaian dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam lomba PIK Remaja/mahasiswa unggulan tingkat nasional.

Selama penilaian Wakil Bupati Rembang, Bayu ANdriyanto, yang juga menjadi Kakak Generasi Berencana (Genre), Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten- Hasiroh Hafidz dan istri Wakil Bupati Rembang, Vivid Bayu Andriyanto bersama Ketua PIK-R GRESS- Sanita Rini memberikan paparan tentang kegiatan dan program mereka di depan tim juri.

Sanita Rini mengatakan PIK-R GRESS sudah diinisiasi sejak 2008 dan mulai di SK kan tahun 2010 dan 2013 mereka sudah punya SK di setiap kepengurusan. Kegiatannya cukup banyak mulai konseling, pembuatan mading dan kampanye stop pernikahan dini.

Sanita Rini menambahkan terbentuknya PIK-R GRESS karena tahun 2006 ada 20 kasus anak menikah di usia 15 hingga 16 tahun di desanya. Hal itu menjadi motivasi mereka bersama masyarakat, pemerintah desa dan pemerintah kabupaten membentuk PIK-R GRESS.

Prestasi yang diraih PIK-R GRESS menurut Sanita Rini antara lain juara 1 tingkat Provinsi. Selain itu mewakili Duta Genre juara tiga dan juara 1 lomba pidato kependudukan tingkat kabupaten tahun ini.

Sanita Rini menuturkan selain berperan aktif dalam perlindungan anak mereka juga aktif di di Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dan sudah berhasil mendapat anggaran untuk kegiatannya. Tahun ini mendapat anggaran sekira 8 juta rupiah yang akan digunakan untuk menunjang kegiatan  dan peningkatan kapasitas mereka setiap bulannya.

Koordinator tim penilai- Muhammad Edi Muin menjelaskan untuk menjadi juara 1, PIK R GRess akan bersaing dengan perwakilan dari 4 provinsi lainnya. Diantaranya Yogyakarta, Jawa timur, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Timur.


Edi Muin yang juga Kasubdit Pengembangan Program Bina Ketahanan Remaja BKKN mengungkapkan, Kriteria penilaiannya dengan melihat aspek bagaimana dukungan stakeholder, bagaimana aktifitas dan kreatifitas remaja dalam melakukan kegiatan ini, pasalnya PIK ini tidak memiliki sumber dana termasuk bagaimana jiwa enterpreneurnya. (Masudi)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::