PKK ikut pantau jentik nyamuk

-- --

Bupati Rembang- H. Abdul Hafidz bersama tim penggerak PKK memantau jentik nyamuk di salah satu rumah warga desa Pasar Banggi

Rembang-Sebagai mitra Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Salah satunya Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Rembang Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ikut memantau pemeriksaan jentik di rumah-rumah warga.

Pengurus Kelompok Kerja (Pokja) 4 tim penggerak PKK kabupaten Rembang- Al Furqon mengatakan pemantauan jentik ini  dalam rangka untuk mencegah penularan Demam Berdarah (DB) bersama Puskesmas setempat melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Al Furqon yang merupakan Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinkes kabupaten Rembang itu menambahkan, pelaksanaan PSN dilakukan secara berkala seminggu sekali supaya bisa memutus siklus hidup nyamuk. Pasalnya jentik nyamuk bisa berkembang menjadi nyamuk dewasa dan menularkan DB perlu waktu antara 7 hingga 10 hari. 

Apabila ditemukan jentik di dalam bak air dalam pemeriksaan, maka kader beserta tim pemantau menghimbau dilakukan pengurasan  bak air, abatisasi atau ikanisasi. Tim penggerak PKK selain melakukan pemantauan jentik juga mengharapkan kebersihan rumah melalui gerakan 3M (mengubur barang-barang bekas, menutup dan menguras bak-bak air).

Salah satu warga desa Pasar Banggi, kecamatan Rembang kota- Antik Suprapti mengatakan, biasanya bak air yang dimiliki dikuras 4 hari sekali dan bak airnya mendapatkan  ikan dari pemerintah desa. Namun karena ikannya matiSehingga ketika ada pengecekan ditemukan  jentik nyamuk. 


dari hasil pengamatan selama ini masyarakat sudah tahu fungsi dan manfaat dari PSN, namun perlu digencarkan sosialisasi agar mereka itu sadar menguras air secara berkala seminggu sekali..(Masudi)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::