PMI Rembang Antisipasi Kelangkaan Darah

-- --

Susiati tengah melayani Mahdi yang atas kesadaran sendiri  mendonorkan darah ke PMI Rembang

Rembang - Menjelang bulan puasa disikapi oleh Unit Donor Darah (UDD) PMI Rembang meningkatkan penggalangan stok darah bekerja sama dengan pemerintah desa, perusahaan dan instansi lain. Hal tersebut guna mengantisipasi kelangkaan persediaan di bank darah PMI Rembang saat berlangsungnya ramadhan.

Susiati, Manajer Pelayanan UDD PMI Rembang ditemui Kanis (26/5) menjelaskan permintaan darah per hari tak sebanding dengan penambahan stok, sehingga bila tidak diantisipasi mulai pekan ini dikhawatirkan terjadi kelangkaan. Per hari permintaan antara 25 sampai 30 kantong untuk semua golongan darah sementara yang terhimpun tidak signifikan dengan jumlah tadi.

Susiati sebutkan mengacu pengalaman tahun-tahun lalu maka dua pekan jelang puasa UDD PMI Rembang menggenjot kegiatan donor seperti halnya yang diadakan hari ini di beberapa lokasi. Agenda bahkan sudah tersusun hingga tanggal 4 Juni mendatang atau H minus dua sebelum masuk bulan puasa.

Dijelakan pula selama bulan puasa sendiri sebenarnya donor darah masih dilakukan namun frekwensinya sangat kecil yaitu pendonor atas kesadaran sendiri datang ke PMI Rembang setelah menerima sms bahwa sudah hari ke 75 saatnya mendonorkan darah lagi sesuai kesepakatan dua pihak. Bahkan dari beberapa organisasi/lembaga dan isntansi ada sebagian yang menjadwalkan donor darah usai pelaksanaan tarwih keliling (tarling).

Ditambahkan stok darah per tanggal 26 Mei yaitu golongan A 11 kantong, B 23 kantong, O 10 kantong dan AB 20 kantong, adapun hasil kegiatan donor selama lima hari terakhir yang belum diperiksa kelayakannya mencapai ratusan kantong. Masih adanya waktu pelaksanaan donor sampai menjelang masuk bulan puasa sendiri diprediksi di wilayah setempat tidak terjadi kelangkaan stok semua golongan darah.

Sementara Muhdi Arifin warga Desa Sumurtawang Kecamatan Kragan yang atas kesadaran sendiri datang ke UDD PMI Rembang menjelaskan  rutin mendonorkan darah tiap 75 hari sekali mulai tahun lalu. Hanya saja ketika itu dilakukan  ketika bekerja di Surabaya dan lantaran sekarang sudah pulang kampung maka datang ke PMI setempat.   


UDD PMI Rembang juga menyiapkan kiat mengantisipasi kurang seimbangnya alur keluar masuk persediaan darah pada saat bulan puasa nanti yakni melalui program donor pengganti. Dimaksudkan pasien yang butuh darah wajib mengganti dengan jumlah sama entah melibatkan tetangga atau kerabat guna mengganti stok darah yang keluar. (heru budi s)

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::