Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Relokasi Sanggar Sapto Darmo Kabupaten Rembang

-- --

As 1 Sekda Rembang Subakti pimpin rakor lintas sektoral bahas tindak lanjut tempat ibadah aliran Sapto Darmo di Kec Kragan

Rembang - Bertempat di ruang kerja Asisten 1 Sekda Rembang pada Selasa (17/05) diadakan rapat koordinasi tindak lanjut relokasi sanggar Sapto Darmo di Kecamatan Kragan. Penghayat salah satu aliran kepercayaan yang ada di wilayah setempat itu diminta mensosialisasikan rencana pendirian tempat ibadah maupun ajarannya kepada aparat pemerintah dan masyarakat sehingga dapat diterima secara wajar.

Rakor dipimpin langsung oleh Subakti As 1 Sekda Rembang, dihadiri Kabag Tata Pemerintahan Setda Rembang Akshanudin, Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kartono, Kabid Budaya Disbudparpora Karsoni, Camat Kragan Mashadi, Kasat Intelkam Polres dan Dan Unit Intel Kodim 0720 Rembang. Sedangkan wakil Sapto Darmo selain dihadiri Sutrisno selaku ketua di wilayah Kabupaten Rembang berikut 15 orang penghayat aliran kepercayaan juga mendatangkan perwakilan Persada Prov Jateng Rahmat Purwantoro dan Mashadi Widijoyo.

Asisten 1 Sekda Rembang Subakti dalam prakata pembukaan rakor menyampaikan hasil musyawarah di Kantor Kecamatan Kragan yang dihadiri seluruh Kades membahas relokasi sanggar Sapto Darmo di Desa Ngasinan namun ternyata tidak bisa diterima oleh penghayat kepercayaan Sapto Darmo dengan pertimbangan lokasi jauh. Sehingga Pemda Rembang akan memfasilitasi untuk membahas permasalahan tersebut.

Subakti berpesan kepada pengurus Sapto Darmo supaya melayangkan surat pengajuan resmi kepada Bupati Rembang dari tokoh agama Kyai Muhamad Pake dan KH.Maemun Zubair tentang relokasi tempat sanggar Sapto Darmo sehingga dapat difasilitasi oleh Pemkab Rembang.

Perwakilan Persada Propinsi Jateng pada giliran bicara menyampaikan tidak ada permasalahan yang krusial hanya miss komunikasi sehingga diperlukan pendekatan-pendekatan agar bisa diterima masyarakat. Untuk itu meminta kepada Ketua Sapto Darmo Rembang agar menindak lanjuti saran-saran yang diberikan pada pertemuan hari ini dan berharap jangan fokus pada relokasi namun pendekatan kepada tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar agar penghayat kepercayaan Sapto Darmo dapat diterima masyarakat sekitar.

Memberikan tanggapan, Sutrisno Ketua Sapto Darmo minta kepada Pemda Rembang agar memfasilitasi tempat baru untuk tempat ibadah karena tempat yang ditunjuk di Desa Ngasinan Kec.Kragan Kab.Rembang terlalu jauh. Pihaknya berharap pemda menyetujui tempat baru yang diinginkannya yaitu di dekat pantai.


Dua pimpinan aparat keamanan terkait pada kesempatan tersebut mengatakan hal senada yakni perlu diadakan pendekatan dengan masyarakat, tokoh-tokoh Agama, tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh pemuda terkait materi penghayatan kepercayaan Sapto Darmo sehingga tidak menimbulkan gejolak dengan warga sekitar lokasi pendirian sanggar. (dari rembang, heru budi s melaporkan)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::