Ratusan rokok ilegal diamankan

-- --

petugas menunjukan rokok ilegal hasil dari razia di perbatasan

       Rembang-Ratusan rokok ilegal dari wilayah perbatasan Rembang-Tuban kemarin (09/5) diamankan  Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Rembang, Rokok ilgal tersebut didapat dari dua lokasi berbeda di Kecamatan Sale.

            Sasaran Razia dilakukan di dua pasar tradisional di kecamatan Sale masing-masing  pasar Desa Mrayun, diamankan  sebanyak 39 bungkus rokok ilegal merek AL. Dari Pasar Mrayun, dilanjutkan  ke pasar Desa Tahunan. Sebanyak 73 bungkus rokok ilegal berhasil diamankan petugas. antara lain  merek LC, AL, Degan 67 serta Kopi Hipro. Rokok-rokok tersebut diduga kuat dipasok dan dipasarkan lintas-provinsi. 

            Dari razia petugas ada penjual yang sebelumnya pernah menjadi sasaran razia kembali menjajakan rokok ilegal Penjual rokok tanpa cukai itu terbukti tidak jera terhadap razia petugas. Lemahnya sanksi dari pihak terkait disinyalir menjadi penyebab penjual rokok ilegal tidak memiliki rasa takut.

            Kepala Satpol PP  Rembang, Slamet  Riyadi mengakui, rokok tanpa cukai paling banyak beredar di wilayah perbatasan, seperti Sale-Jatirogo, Sumber-Pati serta Sarang-Bancar. Rokok-rokok tersebut dipasarkan secara sembunyi-sembunyi .kebanyakan dijual ditoko-toko tradisional .Razia dilakukan untuk mengurangi  peredaran rokok ilegal di wilayah Rembang. Kebanyakan yang berani menjual adalah toko tradisional

           Menurut Slamet, penyebab masih banyaknya masyarakat yang memburu rokokilegal karena  harganya  sangat murah. Berdasarkan informasi, satu bungkus rokok ilegal hanya dijual  seharga sekitar Rp 2.000,-.


Slamet Riyadi mengungkapkan Terkait dengan sanksi untuk penjual, ditegaskan  bukan wewenang Satpol PP. Karena Penindakan bagi pelanggaran cukai merupakan tugas dari Bea, Satpol hanya sebatas mengurangi peredaran rokok tersebut di masyarakat. (Mufti affandi)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::