Sosialisasi Hybrid Enginering untuk menanggulangi abrasi

-- --
Kepala Dinlutkan Suparman memberikan paparan program hybrid Enginering

Rembang – Untuk memberikan pengetahuan mengenai penanggulan abrasi, masyarakat Desa Pasarbanggi Kecamatan Rembang mendapatkan sosialisasi Mitigasi Erosi dengan Struktur Hybrid Enginering ( Struktur tehnik alami) oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (30/05).

Kegiatan Pembangunan Struktur Hybrid Enginering yang di biayai oleh pemerintah pusat melalui dana APBN tersebut nantinya akan di tempatkan di area laut desa pasar banggi.

            Kepala Dinas Kelautan dan Perikan Kabupaten Rembang Suparman mengatakan, desa pasarbanggi  mempunyai hutan mangrove yang sejak lama di rawat oleh warga sekitar, namun untuk menambah ketebalan mangrove selalu terkendala oleh ombak. Sehingga  sangat tepat bila di area laut Desa Pasarbanggi di berikan Struktur Hybird Enginering untuk menambah sedimentasi tanah dan mencegah abrasi. 

            Suparman menambahkan, ketika sedimentasi tanah bertambah maka disana bisa ditanami mangrove dan cemara laut, sehingga kondisi hutan mangrovnya lebat dan tertata rapi bisa di pergunakan untuk wisata bahari. Pihaknya menyarankan kepada kepala desa dan masyarakat untuk memasarkan potensi wisata bahari di Desa Pasarbanggi lewat media sosial supaya bisa lebih dikenal masyarakat luas.

            Sementara itu Giri Wilisandy selaku perwakilan dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut mengatakan, Kementrian Kelautan dan Perikanan menetapkan rehabilitasi pesisir pantai pantura jawa sebagai agenda prioritas selama tahun 2014 – 2019. Mengingat tingkat abrasi di pantura jawa tergolong tinggi. di jawa tengah sendiri tingkat abrasi paling tinggi yaitu mencapai 5.500 Hektar area dan garis pantai telah tergerus seluas 260 KM dari garis pantai awal. Untuk itu perlu segera menanggulangi kerusakan-kerusakan tersebut dengan cara salah satunya menggunakan Struktur Hybrid Enginering. 

            Giri Wilisandy mengatakan prinsip dari Struktur Hybrid Enginering ini meniru akar dari pohon mangrove, sehingga struktur tersebut bisa memperangkap sedimentasi tanah. Dan bahan yang di gunakan sangat ramah lingkungan karena menggunakan kayu atau bambu dan ranting-ranting pohon.
           
Kepala desa pasar banggi Rasno mengatakan, sejauh ini Desa Pasarbanggi sudah berusaha untuk menanam mangrove sebagai langkah  untuk mencegah abrasi, namun belum bisa sampai 100 persen berhasil. Dengan adanya sosialisasi dan bantuan ini pihaknya sangat berterima kasih karena bisa mendapat ilmu untuk menanam mangrove yang baik dan benar dan tidak terganggu oleh ombak. 

            Ditambahkan total anggaran untuk membangun struktur hiybrid enginering sebesar 2,2 Milyar dan sebanyak kurang lebih 12 titik Hybrid Enginering yang akan di bangun. ( prasetyo budi wibowo  )


Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::