Urusan Prona Beres, Semua Pihak Lega

-- --

Warga Desa Binangun sasaran Prona lega usai menerima sertifikat tanah

Lasem-Meski sebelumnya sempat diwarnai aksi protes dari masyarakat khususnya yang terdaftar masuk pengurusan sertifikat tanah melalui Program Nasional Agraria (Prona) namun semua berakhir tanpa gejolak. Biaya yang dipungut panitia desa sebesar Rp700 ribu ternyata hanya terpakai Rp416 ribu, sisanya dikembalikan kepada warga.

Bertempat di balai Desa Binangun Kecamatan Lasem, kemarin panitia disaksikan aparatur desa membagikan sertifikat 150 bidang tanah milik warga setempat. Tak nampak lagi adanya ketegangan pada kegiatan penyerahan sertifikat tanah kepada warga yang menjadi sasaran Prona.

Kasan selaku ketua panitia Prona usai kegiatan menuturkan, iuran yang dibayar warga lebih sedikit dari perkiraan sebelumnya dari perkiraan Rp700 ribu hanya sebesar Rp416 ribu. Uang yang ditanggung pemohon antara lain untuk formulir yang diajukan dari desa ke BPN, pembelian, pengambilan dan pemasangan patok, materai dan lain-lain seperti honorpendamping tenaga pengukur.

Menurut Kasan warga sasaran Prona tak ada yang mengklaim keberatan atas dana pengurusan tersebut. Adapun sisa uang yang dikelola oleh panitia sesuai dengan janji tentu dikembalikan kepada mereka.

Kasan tambahkan hingga kini masih ada tanah warga desa setempat yang belum bersertifikat tentunya rawan sengketa di antara pemilikya jika tidak segera disertifikatkan. Dokumen yang menyatakan hak milik tanah itu sangat penting karena mencantumkan luas dan batas antara satu bidang dengan yang lain, sehingga antar warga saling mengetahui sangat bermanfaat untuk mencegah sengketa diantara mereka.


Suparman salah satu warga yang ikut mengurus sertifikat tanah dalam Prona menyebutkan tidak mempermasalahkan meski harus membayar Rp416 ribu kepada panitia yang dibentuk pemerintah desa. Pasalnya bila diurus di luar program tersebut pasti biaya yang dikeluarkan lebih banyak seperti tanah miliknya yang seluas 5.000 meter persegi tentu menghabiskan uang jutaan rupiah rupiah. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::