US/M Dan Kejar Paket A Siap Digelar

-- --

Keluluan US-M dan kejar paket A diharap capai 100 persen


Rembang - Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang tengah sibuk menghadapi dua agenda kegiatan yang berlangsung minggu ini. Selain fokus mempersiapkan Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) dan kejar paket A, juga menangani ujian susulan dua siswa peserta UN SMP sederajat.

Mutaqin ketua panitia UN kabupaten menerangkan jumlah total peserta 9.827 anak didik dengan rincian US/M sebanyak 9.798 pelajar dari 370 SD, 2 SLB dan 42 MI. Adapun untuk kejar paket A diikuti 20 warga belajat asal LKP Siap Mandiri Kecamatan Gunem. Logistik yang digunakan pada ujian utama telah tiba dan langsung didistribusikan ke 14 Kantor UPT Dinas Pendidikan Kecamatan yang diberlakukan menjadi sub rayon.

Menurut Mutaqin, berbeda dengan UN SMA dan SMP sederajat dimana hasil ujian tidak mempengaruhi kelulusan, pada US/M serta kejar paket A justru digunakan untuk penilaian keberhasilan peserta sesuai dengan perolehan nilai anak didik sesuai kriteria kelulusan minimal (KKM) yang dipatok masing-masing sekolah.

Dicontohkan SD/MI atau lembaga pembelajaran kejar paket A menetapkan nilai rata-rata 5,0 dan per mapel terendah 4,0 maka jika ada peserta meraih nilai rata-rata 6,0 tetapi salah satu mapel hanya mendapat 3,0 maka dipastikan tidak lulus.

Disinggung apakah terkait tinggi rendahnya KKM yang menjadi tolok ukur menentukan kelulusan telah disosialisasikan, Mutaqin sebutkan pula, sistem pengawasan pada US/M dan kejar paket A tetap sama karena sudah diatur dalam POS UN yakni tiap ruang dijaga dua personel, jalur pendidikan formal dilakukan silang antar sekolah dalam satu kecamatan. Sedangkan untuk kejar paket A yang haanya satu ruang akan diawasi oleh panitia UN kabupaten dari seksi yang membawahi.


Ditambahkan, panitia selain fokus pada US/M dan kejar paket A juga menyiapkan pelaksanaan ujian susulan UN SMP baik dari jalur formal dan non formal. Ditetapkan hari pertama dipusatkan di SMPN 2 Rembang, berikutnya berlangsung di masing-masing sekolah atau lembaga pembelajaran. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::