18 Pustu Rusak Dijadwalkan Perbaikan

-- --

Ka Dinas Kesehatan Kab Rembang Ali Syofi'i jelaskan pustu masih  dibutuhkan masyarakat

Rembang – Pemkab Rembang dimasa kepemimpinan Bupati Rembang Abdul Hafidz dan Wabup Bayu Andriyanto lima tahun kedepan  tetap memperhatikan pembangunan semua bidang termasuk kesehatan. Selain pusksesmas, keberadan puskesmas pembantu (pustu) juga menjadi pehatian  karena dinilai masih memiliki peran dalam memberikan layanan kesehatan masyarakat.

Dalam APBD induk tahun ini disebutkan melalui dinas terkait dianggarkan dana rehab beberapa pustu yang kedapatan rusak. Masing-masing dialokasikan sekira Rp120 jutaan, agar lebih representatif sebagai tempat pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Terkait hal tersebut,  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Ali Syofi'i menjelaskan total jumlah pustu yang operasionalnya dibawah naungan 17 puskesmas ada 70 unit dengan komposisi antara 4-5 bangunan tiap Kecamatan. Berlokasi desa-desa yang letaknya cukup jauh dari puskesmas atau berada di kawasan terpencil.

Menurut Ali Syofi'i sampai kini pustu masih memiliki peran dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya yang membutuhkan pertolongan pertama ketika mendadak sakit. Oleh karena itu untuk yang rusak perlu diperbaiki supaya berdaya guna optimal.

Disinggung kini semua puskesmas telah menyandang BLUD yang mestinya rehab pustu dibiayai secara sawadaya bukan bersumber APBD, Ali Syofi'i tegaskan pembangunan bidang kesehatan secara makro masih menjadi bagian tanggung jawab pemerintah. Sehingga rehab pustu rusak didanai APBD menjadi hal yang sah-sah saja.


Ali Syofi'i  tambahkan dari total 70 unit pustu terdata  18 diantaranya rusak sedang dan berat sehingga mendesak diperbaiki. Hanya saja pihaknya tak hafal mana saja yang segera direhab namun dipastiikan akhir tahun nanti semua sudah beralih rupa menjadi tempat layanan kesehatan yang representatif. (heru budi s)

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::