3 Sekolah Sandang Status Adiwiyata

-- --

Prastowo sampaikan BLH Kab Rembang terus membina 3 sekolah agar tahun depan sandang adiwiyata tingkat provinsi

Rembang - Dari 14 sekolah di Kabupaten Rembang yang mengajukan status adiwiyata untuk tahun ini hanya 3 diantaranya yang lolos dan akan diajukan predikat serupa di tingkat provinsi pada tahun depan. Badan Lingkungan Hidup (BLH) setempat terus memberikan pembinaan agar ketiga sekolah tersebut lolos menyusul 3 sekolah yang sebelumnya berhasil lolos meliputi SDN 1 Mrayun Sale, SMPN 1 Rembang dan SMKN 1 Rembang.

Kabid Penaatan Hukum dan Instrumen Lingkungan pada BLH Kabupaten Rembang Prastowo ditemui Selasa (14/6) menjelaskan 14 sekolah yang mengajukan penilaian adiwiyata kali ini terdiri 4 SD, 6 SMP dan 4 SMA sederajat. Adapun 3 sekolah yang lolos dengan standar capaian nilai 56 meliputi SDN Pancur, SMPN 1 Kaliori dan SMPN 2 Sulang,
sembari dijelaskan untuk lolos tingkat provinsi minimal harus meraih nilai 64 dan skala nasional minimal 72.

Prastowo sebutkan penilaian sekolah adiwiyata mencakup empat komponen terdiri kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, sarana pendukung pengelolaan lingkungan dan pengelolaan lingkungan berbasis partisipatif. Dimana keempat komponen itu termasuk dalam penilaian baik fisik maupun nonfisik dengan juga melihat penataan lingkungan seperti ruang terbuka hijau, kelas, taman, tempat pembuangan maupun pengolahan sampah dan lainnya.

Menurut Prastowo dari instrumen/parameter status sekolah adiwiyata apabila digolongkan akan mengerucut pada tiga hal yaitu kebersihan lingkungan, pengelolaan limbah dan penghijauan. Pihaknya tak bosan melakukan sosialisasi program adiwiyata demi memotivasi sekolah supaya melaksanakannya karena bersifat wajib dalam rangka mendukung pelestarian lingkungan hidup .


Ditambahkan, sampai 2016 ini berarti sudah ada 42 sekolah berstatus adiwiyata bahkan dua diantaranya meraih penghargaan di tataran nasional yaitu SMPN 1 Lasem dan SMAN 2 Rembang. Lima sekolah meraih penghargan tingkat provinsi terdiri SMPN 2 Rembang, SMPN 3 Lasem, SMPN 1 Rembang, SMKN 1 Rembang dan SDN 1 Mrayun Kecamatan Sale dan dua sekolah berprestasi tingkat kabupaten, meliputi SMAN 3 Rembang, dan SDN Kumendung Rembang, ditambah 15 sekolah berpartisipasi dalam program adiwiyata. (heru udi s)

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::