Desa lemah Putih menyandang Desa ODF

-- --

Sekertaris desa (sekdes) lemah putih Tasrip memperlihatkan piagam penghargaan OFD

Sedan-Desa lemah putih Kecamatan sedan telah bebas dari perilaku buang air besar di sembarang tempat (BABS) dan sudah menyandang predikat desa open defection free, (ODF) . piagam penghargaan dari pemerintah kabupaten (pemkab) Rembang telah diterima desa tersebut dan terpajang di kantor desa setempat

Sekertaris desa (sekdes) lemah putih Tasrip mengatakan, predikat desa ODF yang diraih desa lemah putih merupakan sebuah pencapaian yang patut di banggakan, mengingat desa lemah putih adalah sebuah desa yang letak geografisnya di pegunungan yang susah akan air bersih.

Pada sekitar tahun 2000-an, kurang dari 30 rumah yang memiliki wc permanen dari sekitar 200 san rumah yang ada.  akan tetapi berkat kerja keras perangkat desa dan warga desanya  hampir 96% warganya sudah memiliki jamban sehat dari total 373 rumah yang ada. Tercatat 125 rumah telah memiliki jamban permanen,150 rumah dengan jamban semi permanen, dan 98 rumah dengan jamban sederhana. dari sisi kesehatan, kondisi ini paling tidak telah merubah perilaku hidup warga desa lemah putih ke arah yang lebih aman dan sehat, seperti perilaku warga cuci tangan sebelum makan pakai sabun, pembuangan air limbah harus di selokan dan kandang harus terpisah dari rumah induk.

Demikian pula sarana dan prasarana fasilitas kesehatan pendukung juga dimiliki, seperti MCK dua unit yang terletak di RT05/02 dan di RT03/02 dan 3 unit WC umum yang di tempatkan di RT03/02. 


Tasrip menambahkan perubahan perilaku warga desa lemah putih karena kesadaran dari warga itu sendiri dan di dukung oleh muspika kecamatan sedan dan unsur pemerintahan desa lemah putih yang tak henti hentinya memberikan penyuluhan tentang perilaku hidup sehat melalui berbagai kegiatan formal maupun informal. dengan pendekatan keagamaan dan kegiatan lain yang di selengarakan oleh desa, sehingga  capaian predikat desa ODF hanya dalam hitungan tahun dapat terealisasi. (heri sugiharto)

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::