Hormati Bulan Puasa Jam Portal Dibatasi

-- --

Penjaga Sedang Menarik Pungutan Kendaraan Yang   Melintas

Pamotan – Seperti halnya yang dilakukan oleh pemerintah desa Pamotan, pemerintah desa Samaran kecamatan Pamotan juga mengambil kebijakan mengadakan pungutan bagi kendaraan yang melintasi jalan desa sebagai jalur alternatif sejak dibongkarnya jembatan Pamotan.

Pujiono kepala desa Samaran mengatakan, asal muasal diadakannya pungutan berdasar usulan pemuda setempat yang merasa resah karena jalan desa dijadikan sebagai jalan alternatif yang akan berdampak pada bertambahnya volume kendaraan. Jika ada pungutan tentu desa akan memperoleh penghasilan tambahan yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki secara sementara jalan yang rusak. 

Kendaraan yang melintas dikenai tarif yang berbeda berdasarkan tonase. Untuk mobil pribadi dikenai tarif Rp.2000 sementara truk yang bermuatan dikenai tarif Rp.5000. Uang hasil pungutan sepenuhnya dikelola oleh karang taruna setempat. Sejauh ini uang yang dihasilkan sudah dimanfaatkan untuk menambal 3 titik jalan di wilayah desa setempat dengan menggunakan kras.

Sementara ketua karang taruna desa Samaran, Zawawi mengatakan, pemuda merasa resah setelah mengetahui bahwa jalan Samaran – Sidorejo digunakan sebagai jalur alternatif. Pihaknya sangat tidak ingin jika jalan yang dilintasi akan rusak dan dibiarkan begitu saja. Apalagi mengingat bahwa tidak ada kompensasi bagi jalur alternatif, maka pemuda berinisiatif adakan pungutan untuk memenuhi kebutuhan perawatan jalan. 

Dikatakan, tidak semua kendaraan yang melintas dikenai tarif seperti mobil pegawai negeri (plat merah), mobil angkot (plat kuning), dan mobil warga desa setempat. Dalam sehari kiranya ada Rp.300.000 s/d Rp.500.000 uang masuk hasil pungutan.

     Dalam hari-hari biasa pungutan dilakukan selama 24 jam, namun kali ini untuk menghormati bulan puasa dalam musdes disepakati portal/pungutan tidak berlaku dari jam 5 sore s/d jam 10 malam. Pembebasan pungutan pada jam tersebut adalah untuk memberi kesempatan pada petugas penjaga agar dapat beribadah solat tarawih dan tadarus al-qur’an. (warih puspita arum)


Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::