Jadiin Canting Elektrik Disempurnakan Pra Pengurusan HAKI

-- --
Jadiin Cantring elektrik terus dipoles jadi sempurna agar terserap dipasaran saat diproduksi massal

Rembang-Jadiin Canting Elektrik karya Jamal dan Udin siswa kelas X jurusan TKJm SMK Umar Fatah Desa Punjulharjo Krcamatan Rembang, tengah disempurnakan oleh dua siswa penciptanya. Hal ini dilakukan supaya kelak setelah diurus hak atas kekayaan intelektual (HAKI) benar-benar diterima pasar.

Kepala SMK Umar Fatah Nur Rohman menjelaskan, semula canting elektrik karya dua siswanya tersebut hanya mampu beroperasional 10 jam dan harus diistirahatkan. Sementara lantaran terlalu panas dan bisa rusak jika dipaksakan tetap menyala. Oleh karena itu dia instruksikan agar disempurnakan dan mampu digunakan non stop 24 jam, sebelum diurus perlindungan hukum atas hak jualnya.

Tak butuh waktu terlalu lama sambung Nur Rohman, dua anak didik yaitu Jamal dan Udin dalam hitungan hari telah sanggup menyempurnakan karyanya sehingga dapat digunakan sehari penuh karena dipasang alat tambahan bersifat pendingin. Tak berhenti pada hal itu saja, baik canting, kabel penghubung dan adaptor kini juga disempurnakan tampilannya agar menarik minat pembeli.

Nur Rohman tambahkan, setelah Jadiin Canting Elektrik dinilai layak diproduksi massal barulah diurus hak cipta dan patent di kementerian terkait. Sebelumnya hasil karya dua siswanya tersebut telah dilaporkan ke Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk meminta suport dalam rangka pengurusan HAKI dan dijawab akan diperhatikan karena merupakan hasil inovasi siswa SMK yang berazas tekhnologi tepat guna dalam industri.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto mendorong diurusnya hak cipta dan patent Jadiin Canting Elektrik, untuk memberikan perlindungan hukum ketika nanti dipasarkan sehingga tidak dibajak orang lain. ( heru budi s )


Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::