Pekerja warung kopi mendapat sosialisasi HIV/AIDS

-- --
Sulang - Masalah HIV/AIDS bukan masalah kesehatan semata melainkan telah menjadi masalah sosial yang sangat kompleks, upaya pencegahan serta penanggulanganya memerlukan berbagai pendekatan secara langsung kepada masyarakat. untuk itu puskesmas kecamatan sulang terus gencar mensosialisadikan penyakit yang belum ada obatnya tersebut kepada warga.Khususnya pekerja warung kopi yang merebak diwilayah sulang.

Koordinator Pemberantas Penyakit  (P2) Sugito  utama puskesmas kecamatan sulang menjelaskan, di kecamatan Sulang tercatat dan di temukan 13 kasus HIV/ AIDS. Di mana kecamatan sulang masuk dalam urutan 10 besar di kabupaten rembang. Banyaknya kasus tersebut tidak terlepas dari kurangnya informasi dan pemahaman tentang HIV/AIDS.

Untuk itu melalui sosialisasi seperti ini peserta bisa memahami tentang bagaimana penularan virus yang mematikan tersebut, dan bagaimana cara pencegahanya. karena cara penularan HIV/AIDS melalui hubungan sex beresiko tinggi, penggunaan jarum suntik tidak stiril dan melalui transfusi darah. Terkait dengan pencegahan ada lima prinsip yakni hindari sex bebas, setia pada pasangan, tidak memakai jarum suntik secara bergantian dan melalui pendidikan.

Sugito utama menambahkan sering kali terjadi diskriminasi terhadap ODHA (penyandang HIV/AIDS). HIV/AIDS tidak akan menular melalui jabat tangan berpelukan. sehingga di harapkan melalui sosialisasi ini persepsi warga terhadap ODHA bisa di rubah dengan memberikan suport kepada penderita. Diperlakukan kerja sama sehingga penderita bisa memaknai hidup dengan lebih baik tanpa diskriminasi dan di kucilkan oleh keluarga maupun warga. ( heri sugiharto )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::