Pengumuman Kelulusan US/M Dimajukan

-- --

Plt Ka Dinas Pendidikan Kab Rembang Noor Effendi nyatakan SMK tak dibatasi jumlah rombel pada PPDB

Rembang-Dinas Pendidikan kabupaten Rembang memajukan jadwal pengumuman kelulusan Ujian sekolah atau Madrasah (US/M) sederajat dari tanggal 28 Juni ke 18 Juni. Pasalnya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di wilayah Rembang  dilaksanakan serentak pada semua jenjang, mulai 20 hingga 23 Juni mendatang.

Dari petunjuk teknis PPDB yang diedarkan tercantum untuk sekolah negeri dilaksanakan dua hari 20-22 Juni 2016, sedangkan sekolah swasta ditambah satu hari atau ditutup 23 Juni 2016. Untuk pengumuman dijadwalkan pada 25 Juni, untuk itu semua sekolah diminta memenuhi ketentuan yang berlaku tersebut. Sedikit hal yang disorot kalangan pengelola sekolah khususnya SMK adalah adanya salah satu sekolah yang memiliki daya tampung 15 rombongan belajar (rombel), dikhawatirkan membuat sekolah lain terancam kekurangan anak didik baru. Diinginkan adanya batasan agar memberi kesempatan sekolah lain utamanya swasta terpenuhi daya tampungnya.

Saat disinggung adanya salah satu SMK Negeri yang memiliki daya tampung 15 rombel dan menyebabkan sekolah lain resah kekurangan siswa baru, Plt Kepala Dinas Pendidikan setempat Noor Effendi menerangkan, pihaknya sudah menerima laporan terkait hal tersebut dan dijelaskan bahwa sekolah yang dimaksud menyesuaikan daya tampung seperti halnya tahun lalu, bukan berarti ada tambahan jumlah rombel. Dijelaskannya, memang untuk sekolah yang menyelenggarakan program keahlian dibolehkan menambah rombel karena untuk pemerataan di tiap jurusan yang dimiliki.

Menurut Noor Effendi Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang hanya membatasi jumlah siswa tiap kelas  untuk SMA/SMK Negeri maksimal berisi 36 siswa, demikian pula untuk SMP. Sedangkan SD berisi 32 anak didik, sedangkan TK maksimal 20 anak. Adapun ketentuan mengikat yang wajib dipenuhi semua sekolah pada PPDB adalah wajib menggratiskan biaya pendaftaran.


Ditambahkan, PPDB merupakan kegiatan yang dapat didanai menggunakan dana BOS sehingga sekolah dilarang memungut dana dengan dalih apapun. Sedangkan untuk TK/RA diperbolehkan memungut biaya pendaftaran namun dibatasi sebesar maksimal Rp20.000 per anak. (heru budi s)

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::