Posyantek Berlatih Pemberian Nutrisi Tanam Dengan Limbah Organik

-- --
5 posyaktek mendapatkan pelatihan  pertanian dan nutrisi makanan

Sarang –Posyantek Bina Mandiri kecamatan Sarang bersama Klinik Teknologi Tepat Guna kabupaten Rembang Kemarin (19/6)  mengadakan pelatihan Pertanian dan Nutrisi Tanaman di balai desa Nglojo kecamatan Sarang. Pelatihan diikuti oleh 5 posyantek dari kecamatan Sarang, Pancur, Gunem, Pamotan, dan Kragan.

Mohamad Nur Ikhsan ketua Posyantek Sarang mengatakan, pelatihan kali ini terfokus pada bagaimana mengolah tanah yang efektif dan meminimalisir penggunaan pupuk kimia yang berpotensi merusak tanah bila digunakan dalam jangka panjang. Selain itu juga untuk mengubah sistem tanam padi yang minim air, yakni hanya perlu 10.000 liter air untuk 1 hektar lahan.

            Dalam pelatihan, peserta mendapat materi pembuatan nutrisi, pembuatan pupuk kompos, pengolahan tanah, dan pembuatan pestisida murni organik yang semuanya dibuat secara fermentasi. Pupuk dan pestisida dibuat dengan menggunakan teknologi tepat guna yang memanfaatan limbah berupa tulang sapi, kulit telur, dan sisa pakan ternak. 

Inovasi nutrisi tanaman ini sebelumnya sudah melalui uji coba di beberapa daerah seperti di Cilacap dan Sulawesi yang berhasil menjadi penghasil padi tersbesar. Dalam hasil uji coba, pupuk pemanfaatan limbah ini mampu meningkatkan hasil panen hingga 2 kali lipat jika dibandingkan dengan menggunakan pupuk kimia.

Dikatakan, dari satu hektar lahan hasil panennya mampu capai 13 s/d 15 ton perhektar, sedangkan jika memakai pupuk kimia hanya sampai pada 7 ton perhektar.

Pelatihan ini akan terus dilakukan dengan mengadakan uji coba di lahan demplot pertanian milik posyantek Sarang. Diperkirakan akan butuh waktu 4 bulanan dari awal tanam sampai panen. Diharapkan inovasi baru ini akan memberikan hasil yang lebih baik sehingga mampu tingkatkan kesejahteraan petani, selain itu juga dapat menjaga kelestarian tanah.(warih puspita arum )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::