Rakor Tim Gugus KLA dan KPAD Guna Kuatkan Kelembagaan

-- --

Rakor Tim Gugus KLA dan KPAD Se-Kecamatan Pamotan

Pamotan – Upaya perlindungan anak menjadi salah satu yang sedang gencar dilakukan di kabupaten Rembang sejak mendapat anugrah sebagai kabupaten layak anak. Apalagi setelah terbitnya perda no 6 tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan anak, maka upaya perlindungan anak berbasis masyarakat yang sudah diatur dalam perda tersebut harus terlaksana dengan optimal.

Mengingat hal itu, maka Tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak dan Kelompok Perlindungan Anak Desa (KPAD) tingkat kecamatan Pamotan mengadakan rapat koordinasi guna memperkokoh kelembagaan sehingga kinerjanya semakin optimal. Rakor yang dilaksanakan kemarin (22/6) di pendopo kecamatan Pamotan difasilitasi oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) kabupaten Rembang. Selain itu juga ada pengarahan dari pihak Lembaga Perlindungan Anak Rembang (LPAR).

Sopyan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Rembang (LPAR) mengatakan, rakor digelar dengan maksud mengetahui secara lebih dekat bagaimana pelaksanaan perlindungan anak di desa. Selain itu juga untuk penguatan kelembagaan melalui koordinasi yang baik antar jajaran dalam struktur gugus tugas. 

Dikatakan, terkait pelaksanaan perlindungan anak di kecamatan Pamotan masih belum maksimal. Dari 23 desa se-kecamatan Pamotan baru ada 2 desa sebagai desa replikasi perlindungan anak yaitu desa Tempaling dan Bangunrejo. Dan sejauh ini baru 2 desa itu saja yang pelaksanaan perlindungan anaknya sudah optimal.

Sementara, Agus Mulyadi ketua KPAD (Kelompok Perlindungan Anak Desa) desa Pamotan mengatakan, melihat kondisi seperti saat ini keberadaan KPAD memang sangat dibutuhkan. Dengan keberadaan KPAD dapat memfasilitasi upaya perlindungan anak di desa. Namun sejauh ini pelaksanaannya memang belum maksimal karena dari organik KPAD sendiri belum benar-benar kukuh salah satunya dengan belum terbitnya SK kepengurusan KPAD.


Meskipun semua desa se-kecamatan Pamotan sudah terbentuk KPAD, namun belum ada satupun yang menerbitkan SK. Diharapkan, setelah ada penguatan kelembagaan pelaksanaan perlindungan anak bisa berjalan dengan optimal sesuai program strategis yang telah direncanakan oleh masing-masing KPAD. ( warih pupita arum )
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::