Sidak Daging Ditingkatkan Jelang Lebaran

-- --

Tim Kesehatan Bidang Peternakan Dintanhut lakukan sidak daging tiap pekan selama ramadhan

Rembang - Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang, melalui Bidang Peternakan mengintesifkan pengawasan perdagangan daging di wilayah setempat selama ramadhan tahun ini. Dijadwalkan sepekan dilakukan dua pemeriksaan pada dua pasar tergolong besar yakni Rembang dan Lasem.

Kepala Bidang Peternakan Agus Iwan Haswanto ditemui Rabu (29/6/2016)
menjelaskan, sidak daging di dua pasar yang telah dilaksanakan tak menemukan indikasi mencurigakan atas barang yang diperjual belikan. 


      Pemeriksaan sendiri bukan secara sampling melainkan menyeluruh pada barang dagangan berikut jerohan yang disediakan di los daging. Menurut Agus demikian sapaan akrabnya pemeriksaan terakhir dijadwalkan Kamis (30/6/2016) diutamakan mengecek kesehatan daging ayam, kambing dan sapi yang diperjualbelikan, guna mengidentifikasi apakah glonggongan atau bukan dan dagangan diberi formalin atau dicampur daging babi hutan atau tidak. Sedangkan pada daging ayam dilakukan pengecekan apakah disembelih pada hari ini atau tiren (mati kemaren) dan baru disembelih, karena mudah terdeteksi oleh tim pelaksana sidak.

        Agus tambahkan sudah menjadi kebiasaan bila mendekati lebaran ada kenaikan harga daging karena tingkat konsumsi melonjak, namun tidak sampai melampaui batas toleransi 10% dan kembali normal setelah kupatan nanti. Sampai dengan Rabu sendiri dari para pedagang daging diperoleh informasi permintaan masih sepi dan melonjak dua hari menjelang lebaran.


Data  Dintanhut  jumlah pedagang daging sapi di los daging Pasar Rembang sebanyak 12 orang dengan kapasitas dagangan sejumlah 17 ekor sapi per hari. Sedangkan pedagang daging ayam ada 20 orang dengan jumlah total dagangan 2015 ekor per hari. (heru budi s)

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::