Sosialisasi meningkatkan produktifitas buah kelapa

-- --

Kordinator PPL BP kecamatan sedan Sanuri

Sedan - Sebagai tindak lanjut dari sosialisasi pengendalian organisme penggangu tanaman (OPT) yang di laksanakan oleh Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang, 4 desa di kecamatan sedan yakni desa lemah putih, kumbo, dadapan dan desa sidorejo kembali mendapat sosialisasi tentang meningkatkan produktifitas buah kelapa kegiatan sosialisasi di gelar di balai desa lemah putih kecamatan sedan.

Kordinator PPL BP kecamatan sedan Sanuri mengatakan, sosialisasi di ikuti 60  peserta dari 4 desa penghasil kelapa yang ada di kecamatan sedan dengan materi cara budi daya tanaman kelapa, peningkatan produktifitas buah kelapa dan pengendalian hama penyakit pada tanaman kelapa.

sosialisasi di laksanakan untuk membekali poktan tentang budi daya tanaman kelapa yang baik dan benar dengan cara pemilihan bibit yang unggul, pemupukan dan perawatan, untuk meningkatkan produktifitas buah kelapa dengan cara menganti pohon usia tua dan perawatan yang tepat dan benar serta tata cara pencegahan hama pada tanaman kelapa dengan mengunakan perotrap. kalau tiga hal tersebut di laksanakan dapat di pastikan peningkatan produktifitas tanaman buah kelapa di kecamatan sedan akan semakin meningkat.

 sampai saat ini populasi tanaman kelapa yang tersebar di beberapa desa penghasil kelapa di kecamatan sedan terus mengalami penurunan yang di akibatkan serangan hama kwang wung. saat ini populasi pohon kelapa yang ada desa penghasil kelapa seperti desa menoro, karangasem, sedan, sidorejo dan desa lainya di kecamatan sedan kurang lebih hanya tinggal 15 ribuan batang dan separohnya sudah mengalami kerusakan yang di akibatkan hama penyakit dan sudah berusia tua dan kurang produktif. 


Sanuri menambahkan sosialisasi memang perlu di lakukan mengingat banyaknya pohon kelapa yang di serang hama kwang wung yang mengakibatkan banyak pohon kelapa yang mati sehinga berdampak pada produksi buah kelapa kususnya di wilayah kecamatan sedan yang kurang lebih tinggal 50%. dengan adanya sosialisasi di harapkan poktan bisa mengenal lebih jauh tentang hama penyakit pada tanaman kelapa serta cara pencegahanya sehinga ke depan populasi tanaman kelapa kususnya di kecamatan sedan bisa bertambah dan bisa menjadi centra penghasil kelapa kususnya di kabupaten rembang (heri sugiharto)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::