Transaksi Rembang Expo 2016 meningkat hingga Rp. 2,47 milyar

-- --

Wakil Bupati Rembang memberikan penghargaan bagi para pelaku UMKM dan perusahaan yang sudah berjasa dalam melancarkan Rembang Ekspo 2016 di kabupaten rembang


selesai memberi sambutan Wakil Bupati Rembang bernyanyi untuk memeriahkan acara penutupan Rembang Ekspo


Rembang - Setelah delapan hari pelaksanaan Rembang Expo 2016 di Balai Kartini Rembang, akhirnya sabtu (4/6) secara resmi ditutup oleh Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto. Hasilnya sangat memuaskan, nilai transaksi maupun pemesanan naik dari tahun 2015.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM) Rembang Muntoha menyebutkan, Transaksi tunai tahun ini yang berhasil dihimpun Rp 2,472 miliar, pesanan dari pengunjung Rp 2,163 miliar dan jumlah pengunjung mencapai 122.400 orang. Ini meningkat dibanding Rembang Expo tahun lalu. 

Muntoha mengatakan, bila di bandingkan even Rembang Ekspo tahun lalu, total transaksi mencapai Rp 2,4 miliar dengan jumlah pesanan Rp 2,1 miliar dengan kunjungan sekitar 120 ribu orang. Dengan jumlah tersebut, nilai transaksi tahun ini meningkat hingga 3 persen, pesanan dari pengunjung naik 3 persen dan jumlah pengunjung naik 2 persen.

Muntoha berpendapat menurutnya peningkatan transaksi, order, dan kunjungan bisa menjadi indikator bahwa Rembang Expo membawa dampak positif terutama bagi UMKM. Harapannya event ini bisa digelar lebih meriah  dan besar lagi gaungnya.

Dari pantauan seusai acara penutupan sekira pukul 17.00 WIB, para peserta tidak langsung membongkar lapak dagangan. Karena ternyata masih banyak transaksi tunai dan pemesanan yang didapat oleh UMKM seusai penutupan, karena mereka rata-rata tutup sekira pukul 22.00 WIB. Tak heran karena hari penutupan tepat di malam minggu sehingga jumlah pengunjung sangat membludak.

Sementara itu, Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto mengatakan, tahun ini  jumlah dana yang dianggarkan pemerintah mencapai Rp 200 juta yang bersumber dari APBD. Kemudian, untuk sisanya berasal dari sponsor. Tahun depan Wabup juga mendukung jika anggaran Rembang Expo ditambah. 

Bayu Andriyanto mengatakan, Rembang Expo ini memberikan wadah bagi pelaku UMKM, khususnya yang berasal dari Rembang. Kegiatan ini akan terus berlanjut. Rembang Expo terbukti mengembangkan roda perekonomian dan diminati pelaku usaha dan masyarakat.

Bayu Andriyanto berharap semangat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar lebih baik lagi dalam menciptakan karya-karya. Menurutnya, hambatan dan rintangan akan selalu ada, namun pemerintah hadir untuk memberikan bantuan.Kalau kita bersama-sama akan ringan. Pemerintah hadir untuk terlibat bersama dan memberikan stimulant, termasuk anggaran.


Pada penutupan Rembang Expo tersebut, wabup juga menyempatkan menghibur pengunjung dengan bernyanyi birunya cinta bersama grup Qasidah modern Al Hidayah SDN 1 Mrayun Kecamatan Sale. Terlihat grup dari Sale pun sangat senang karena bisa tampil bersama seorang Wakil Bupati. ( mufti afandi  )
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::