Bupati Sosialisasikan Program Saat Bagikan Zakat Fitrah

-- --
Dua warga Dhuafa secara simbolis terima zakat fitrah dari Bupati

Rembang - Bupati Rembang Abdul Hafidz memiliki trik tersendiri dalam menjaga hubungan emosional dengan elemen masyarakat setempat. Saat menyalurkan zakat fitrah di pendopo Rumah Dinas Wabup pada Sabtu (2/7/2016) pagi, dirinya tak sungkan duduk di lantai menghadap warga penerima sekaligus menyampaikan sosialisasi program kerja yang diusungnya bersama Wabup Bayu Andriyanto.

Berada di satu ruangan yang tanpa jarak diitingkahi gurauan yang dilontarkan membuat calon penerima zakat betah mendengarkan uraian rencana kerja baik yang sudah diwujudkan maupun tengah dirumuskan dan sedang diagendakan. Diantaranya untuk bidang kesehatan disampaikan bila alokasi jaminan kesehatan nasional dari pemerintah pusat menyasar 384 ribu orang atau kurang dari separuh jumlah penduduk sebanyak 619 ribu orang.

Sehingga hal itu disikapinya dengan memasukkan sisanya dalam program BPJS didanai APBD Kabupaten Rembang, utamanya diberikan kepada warga yang benar-benar kurang mampu. Sementara seperti diketahui bahwa dalam prakteknya masih ada kesalahan yakni ditujukan bagi warga katagori mampu, untuk itu masyarakat yang belum terdata dan layak masuk program diminta segera mendaftar ke kades/lurah diteruskan ke camat supaya
nantinya berhak menerima layanan kesehatan secara gratis ketika sakit.

Pada bidang pendidikan ditegaskan oleh Bupati Abdul Hafidz jika SD sederajat dan SMP sederajat sepenuhnya gratis, sedangkan SMA sederajat untuk besaran biaya yang dipungut harus memperhatikan kemampuan masyarakat, adapun siswa asal keluarga kurang mampu wajib dibebaskan dari biaya apapun selama menempuh pendidikan. Bagi siswa berprestasi dari keluarga mampu tadi diagendakan mendapat beasiswa melanjutkan study ke perguruan tinggi minimal jenjang Strata 1 dengan sistem seleksi ketat bagi yang akan dibiayai.

Berikutnya disalurkan zakat fitrah pada seribu lima ratus paket kepada warga katagori dhuafa dari Kecamatan Rembang dan sekitarnya, berisi beras, mie instan dan sejumlah uang. Total yang disalurkan mencapai 3 ribu paket, lainnya dibagikan warga 3 kecamatan meliputi Lasem, Pamotan dan Kragan.

Usai kegiatan Bupati Abdul Hafidz menjelaskan maksud melakukan sosialisasi program kerja karena diyakini masih banyak warga yang belum paham terhadap kebijakan pembangunan yang diusungnya bersama Wabup Bayu Andriyanto. Upaya tersebut bertujuan jangan sampai masyarakat memperoleh informasi tak valid sehingga menjadikan hubungan kurang harmonis dengan pemerintahan.

Disinggung total zakat fitrah yang disalurkan jumlahnya mencapai ribuan paket, ditegaskan oleh Bupati Abdul Hafidz seluruhnya menggunakan uang pribadi. Hanya saja bukan semata dari dirinya saja tetapi disuport oleh Kepala SKPD, pelaku usaha dan perbankan yang beroperasional di wilayah setempat. 

Adapun terkait open house secara pribadi tambah Bupati Abdul Hafidz memang telah diagendakan tetapi bukan pada hari pertama dan kedua lebaran karena pada berencana menghadiri acara silaturahmi hari raya di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah. Berikutnya sowan kepada para orang tua dan sanak saudara, untuk kebiasaan open house dengan warga sekitar rumah dinas Wakil Bupati diadakan Minggu (10/7/2016) dan esok harinya berlangsung di Pendopo Museum Kartini bertepatan dengan PNS kembali masuk kerja usai libur cuti bersama. ( heru budi s )


Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::