Guru PAUD dan TK Gawangi seni Kethoprak

-- --

Persiapan pentas kethoprak kartini budaya 

Sale - Guru TK dan PAUD di Kecamatan Sale, yang tergabung dalam paguyuban seni ketoprak kartini intensifkan latihan, hal tersebut di lakukan menjelang pentas yang akan di laksanakan di balai kartini pada bulan ini dalam rangka pencanangan PKHP tingkat propinsi jawa tengah langkah ini di lakukan untuk mempersiapkan diri agar tidak canggung dalam pementasan, karena latihan itu penting sekali untuk menambah kepiawaian dalam olah gerak, lagu dan tata bahasa bagi anggota yang mendapat kepercayaan untuk pentas dalam gelaran perdana di luar kecamatan sale.

Pembimbing paguyuban seni ketoprak kartini budaya yang sekaligus PLS UPT Dinpendik Kecamatan Sale  Darmadi mengatakan, untuk memantapkan langkah dalam olah seni peran dalam rangka persiapan pentas aajng pencanangan PKHP tingkat propinsi jawa tengah anggota ketoprak kartini budaya giat berlatih seminggu dua kali dengan mempelajari lakon terbaru yakni Kartini mustiko tuban.

 Judul tersebut buah karya dari pembimbing ketoprak kartini budaya yang merupakan gubahan dari lakon aslinya yakni sri huning mustiko tuban, selain lakon terbaru yang sudah di kuasai hampir 95% ketoprak kartini budaya juga sudah menguasai beberapa lakon seperti joko tarub, dan ande ande lumut.

Seni ketoprak kartini budaya yang di gawangi para ibu guru PAUD dan guru TK tidak asing lagi bagi penggemar seni ketoprak di kecamatan Sale karena seringnya pentas dan tampil di hadapan publik . Pada hari hari besar nasional seperti 17 agustus selalu di gelar di kecamatan Sale, tampil Perdana  pada tahun 2013 dengan membawakan cerita sri huning mustiko tuban.


Darmadi menambahkan, akan terus mematangkan Skil anggotanya yang berjumlah 40 orang tidak di komersilakan  dan hanya untuk kepentingan dinas saja, Walaupun  undangan mangtgung dari warga selalu mengalir akan tetapi selalu di tolak dan tetap tidak di komersilakan, Dengan adanya seni ketoprak Kartini budaya di harapkan bisa mengangkat seni tradisional agar tidak tergerus oleh kemajuan zaman dan terpinggirkan oleh berbagai hiburan modern yang marak seperti saat ini, serta ikut dalam  melestarikan budaya jawa yang adi luhung ini. ( heri sugiharto )

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::