Kondisi eks TPI Tasik Agung memprihatinkan

-- --

Bangunan eks TPI Tasik agung saat sepi dimanfaatakan berteduh nelayan 

Kondisi bangunan Eks TPI Tasik agung bangunan  penyangga besi banyak yang keropos dan berkarat serta gentingnya banyak yang bocor 

Rembang-Sangat disayangkan kondisi bangunan  Eks Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di pelabuhan Tasik agung Rembang  mulai rusak dan tidak terawat. Bangunan penyangga sebagian besar dari besi banyak yang sudah keropos dan berkarat, terkesan tidak terawat.

Pasalnya bangunan tersebut selama ini masih dimanfaatkan nelayan kapal cantrang untuk aktifitas lelang ikan pada hari-hari tertentu saat musim ikan, Kondisi tersebut dikeluhkan oleh beberapa nelayan,  salah satunya Fauzi  nelayan asal Tanjungsari Rembang .         

Menurutnya apabila kondisi bangunan eks  TPI Tasik Agung dibiarkan bisa mengancam keselamatan. Terlebih apabila ada angin kencang bisa ambruk dan membahayakan nelayan dibawahnya saat  melakukan aktifitas pelelangan ikan. Harapannya pihak pengelola bisa menggantinya dengan yang baru 

Terpisah kepala UPT Pengelolaan  pengembangan usaha perikanan (PPUP) Dinas kelautan dan prerikanan (Dinlutkan) kabupaten Rembang  Zahroni mengungkapkan keberadaan Eks TPI  Tasik agung merupakan bagian aset dari Propinsi jawa tengah, sehingga kewenangan pengelolaan lebih lanjut tentu pihak propinsi yang mengatur,  apakah akan direfungsi atau peruntukan lainnya. Rencananya ditahun 2016 ini pada bulan agustus nanti akan dilakukan rehab . termasuk Dinlutkan kabupaten juga dalam proses pembanguan  terkait TPI baru untuk nelayan  cantrang.

       Disebutkan Zahroni Pada proses rehab nanti semua aktifitas lelang sudah direncanakan pindah ke TPI lama bagian barat. Pihaknya sudah membuatkan surat  pemberitahuan baik kepada nelayan maupun pelaku usaha perikanan.

Sebelumnya pihak pengelola sudah menawarkan dan mengarahkan nelayan menempati dalam kontek darurat di TPI Kursen bergantian waktunya, supaya lebih efisien dan tempatnya lebih luas, pasalnya proses lelang nelayan cantrang dilakukan malam hari sehingga tak bermasalah. Namun  beberapa nelayan ada yang menolak dengan pertimbangan  ada yang dirugikan.  Terlepas semua itu kebijakan tersebut untuk kemaslatan nelayan dan nelayan bisa menyesuaikannya.


Rencananya aktifitas lelang ikan dieks TPI tasik agung akan normal kembali  dua bulan kedepan pasca  nelayan kapal cantrang libur syawal idul fitri.(Mufti affandi) 
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::