Pasang Gazon Antisipasi Kemacetan Saat Pesta Kupatan

-- --

Kawasan pusat keramaian perayaan tradisi kupata dipasang gazon untuk membuat arus lalin takm semrawut

Rembang - Jajaran Satlantas Polres Rembang memasang gazon/pembatas jalan dan menyiapkan jalur alternatif untuk mengantisipasi kemacetan saat puncak perayaan pesta kupatan tradisi syawalan di wilayah setempat. Rekayasa lalu lintas ini setiap tahun dilakukan guna kelancaran arus lalin pantura yang rawan macet akibat keramaian massa.

Kapolres Rembang AKBP Sugiarto melalui Kasat Lantas AKP Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi menjelaskan gazon dipasang mulai depan Mako Lantas sampai dengan arah timur hingga tugu lilin, dimaksudkan untuk memperlancar arus lalu lintas sepanjang jalur barat maupun timur khususnya yang berada di seputaran perayaan kupatan.

Pemasangan gazon sendiri sengaja diberi celah agar para pengunjung yang hendak menyebrang jalan ke pusat keramaian di Taman Kartini maupun Balai Kartini bisa lebih leluasa.

Sementara rekayasa arus lalu lintas saat terjadi kemacetan panjang di jalur utama lanjut AKP Ghifar disiapkan beberapa jalur alternatif. Untuk kendaraan dari arah timur sesampai pertigaan Soklin diarahkan ke selatan menuju perempatan Galonan–lurus masuk Desa Njeruk–belok ke kiri sampai Pasar Pentungan kemudian kembali masuk jalur pantura dan begitu pula sebaliknya dari arah barat. Adapun apabila masih terjadi kemacetan panjang maka disiapkan opsi lain yakni boleh berjalan sampai dengan pertigaan sekitar SMPN 3 Rembang masuk dan tembus Jembatan Karanggeneng.

Menurut AKP Ghifar selama pengamanan jalur pantura saat pesta kupatan nanti pihaknya menerjunkan  70 personel untuk mengatur lalu lintas, siaga di pertigaan dan perempatan diantaranya kawasan Soklin, Jembatan Karanggeneng serta Pasar Pentungan. Pihaknya juga menyiapkan aturan khusus terkait parkir supaya tidak menjadi pencetus lain kemacetan di jalur pantura.


AKP Ghifar tambahkan, sejak dimulainya perayaan tradisi kupatan baik di DABTRPK maupun Balai Kartini, semua kendaraan yang hendak parkir diarahkan memanfaatkan lahan khusus diantaranya halaman gedung dewan, kawasan ketepeng komplek Kodim dan halaman Makolantas. Diprediksi lonjakan pengunjung tradisi kupatan di obyek wisata Dampo Awang Beach terjadi bertepatan dengan pelaksanaan larung sesaji sedekah laut di
Desa Tasikagung. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::