Pemilihan Duta Tangguh Bencana BPBD

-- --

Duta Tangguh Bencana BPBD Kab Rembang selain menjadi icon relawan juga mampu mengkoordinir generasi muda terlibat penanganan bencana

Rembang-Penanggulangan bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Rembang tentunya tak bisa lepas dari peran generasi mudanya. Untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengadakan pemilihan Duta Tangguh Bencana ditujukan untuk kawula muda dengan catatan harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan panitia.

Kepala Pelaksana BPDB Kabupaten Rembang Suharso menjelaskan maksud dan tujuan diadakan seleksi tersebut adalah dalam rangka meningkatkan peran masyarakat dalam penanggulangan bencana. Adapun bagi Duta Tangguh Bencana terpilih nantinya akan mewakili instansinya sebagai ikon yang mampu meningkatkan pemahaman penanggulangan bencana kepada masyarakat, menggerakkan masyarakat dalam penanggulangan bencana dan menjadi relawan yang berjiwa sosial tanpa pamrih.

Suharso sampaikan syarat yang ditentukan meliputi harus warga Kabupaten Rembang yang memiliki basic dan kemampuan dalam bidang kebencanaan, berjiwa sosial tinggi dan tanpa pamrih, sehat jasmani dan rohani, berusia 18 sampai dengan 25 tahun dan belum menikah, berpendidikan minimal SMA sederajat, mampu berkomunikasi Bahasa Indonesia dan bahasa daerah dengan baik. Selanjutnya memiliki minat tinggi menjadi relawan, diutamakan memiliki pengalaman dalam penanggulangan bencana, diutamakan memiliki pengalaman organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan, diutamakan pernah mengikuti pelatihan/pendidikan kebencanaan.


Sambung Suharso berikutnya pendaftar memiliki wawasan kebencanaan, harus berdomisili atau berasal dari Kabupaten Rembang dan tidak sedang menjabat dipemilihan duta lainnya serta satu hal yang diutamakan yakni memiliki waktu yang cukup untuk menjalankan tugas-tugas Duta Tangguh Bencana 2016-2017. Adapun tahapan pemilihan terdiri pendaftaran dilakukan melalui pengumpulan biodata peserta (formulir terlampir) ke
Kantor BPBD Kabupaten Rembang di Jln. Pemuda Km 3 Rembang attau konfirmasi via telepon/contact person : (0295) 6998232 / 08998708890 dan juga dapat dikirim via email ke: 
bpbd@rembangkab.go.id.

          Menurut Suharso pendftaran ditutup tanggal 23 Juli 2016,dilanjutkan diadakan seleksi administrasi. Rangkaian pengujian yang dijalani yaitu tes Fisik, tes wawancara dan tes kompetensi kebencanaan pada tanggal 2 Agustus 2016 di Kantor BPBD Kabupaten Rembang. Sedangkan grand final digelar tanggal 4 Agustus 2016 di Kantor BPBD Kabupaten Rembang.

            Ditambahkan bagi peserta yang terpilih menjadi pemenang Juara I, II dan III akan mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Dengan rincian masing-masing mendapat Rp1,5 juta, Rp1 juta dan Rp 750 ribu. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::