Tidak Semua Anak Bisa Rasakan Hangatnya Lebaran Bersama Keluarga

-- --
Sebagian Anak Tidak Bisa Berkumpul Keluarga Saat Lebaran   Masih Bisa Tersenyum

Sedan –  Bisa berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara saat lebaran merupakan salah satu hal yang dinanti kebanyakan orang setiap tahunnya. Mereka yang tinggal jauh dari tanah kelahiran dan keluarga rela tempuh perjalanan jauh demi bisa rayakan lebaran di kampung halaman. Temyata tidak semua orang bisa merasakan hangatnya di tengah keluarga saat hari raya. Seperti yang dialami oleh sebagian anak yang tinggal di pondok pesantren RN ASA desa Dadapan kecamatan Sedan.

Ada 29 dari 126 jumlah total santri yang tinggal di ponpes RN ASA tidak diketahui keberadaan keluarga maupun sanak saudaranya. Karena itulah mereka tidak tahu mesti mudik kemana saat lebaran. Pendiri sekaligus pengasuh ponpes RN ASA Muhammad Abadi mengatakan, pada awalnya para santri yang tidak bisa ikut merasakan mudik seperti santri lain tentu merasa sedih. Namun dalam satu atau dua hari kesedihan mereka sudah hilang.

Abadi mengatakan, selama ini ia selalu berupaya meyakinkan kepada para santri bahwa RN ASA adalah rumah mereka sehingga ketika mereka harus pulang saat lebaran maka RN ASA lah tujuan mereka. Suasana kekeluargaan di RN ASA ternyata mampu menggantikan kehangatan di tengah keluarga mereka sendiri. Saking dekatnya hubungan emosional di RN ASA menumbuhkan anggapan pada santri bahwa ustadz bukan hanya guru mereka melainkan juga orang tua sendiri

Santri bernama Izul Izwan yang masih duduk di kelas 3 SD merupakan salah satu santri yang tidak bisa merasakan lebaran bersama keluarga. Izul Izwan yang bercita-cita menjadi polisi dan menyukai pelajaran matematika ini berasal dari Malaysia. Izul tidak ingat betul bagaimana ceritanya dan sudah berapa lama ia tinggal di RN ASA, namun ia mengaku senang tinggal di sana karena banyak teman. Di RN ASA Izul belajar mengaji dan rajin melaksanakan ibadah puasa. 

Meskipun tidak bisa berkumpul dengan keluarga, namun para santri tetap merasakan kemenangan saat lebaran. Terlepas dari itu semua, mereka tetap mengisi hari raya seperti pada umumnya mulai dari sholat id hingga berkunjung ke rumah para tetangga. (Warih Puspita Arum )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::