Tradisi Sedekah laut, punya nilai ekonomi

-- --

Bupati Rembang melapas arak - arakan yang membawa sesaji untuk di larungkan ke laut Desa Tasik Agung

Rembang - Sebagai salah satu bentuk wujud rasa syukur kepada Tuhan atas rezeki yang didapat selama setahun Kegiatan Larung sedekah laut di Desa Tasikagung Kecamatan .Rembang  pagi tadi (14) digelar berbarengan dengan lebaran ketupat (syawalan).

Kegiatan diramaikan parade mobil hias dan karnaval dengan berkeliling kota Rembang oleh warga setempat, Di antara rombongan karnaval tersebut, terdapat ubo rampe yang nantinya dibawa ke tengah laut untuk dilarung/dihanyutkan.

       Acara sedekah laut dan bumi di Desa Tasik Agung di buka langsung oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz dengan ditandai pelapasan sesaji ke laut.

    Dalam sambutanya Bupati mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi yang setingginya kepada Kepala Desa, Perangkat Desa, Para Pemangku Desa dan Masyarakat Desa yang telah bersatu padu untuk membangun sebuah kekuatan yang bisa menyatukan langkah untuk pembangunan di Kabupaten Rembang, terutama di Desa Tasik Agung, tradisi ini sekaligus sebagai motifasi untuk kemajuan pembangunan Desanya.


          Bupati berharap, tradisi  semacam ini punya nilai ekonomi dan nilai sosial yang tinggi, sehingga bisa membentuk sebuah sarana pariwisata di Kabupaten Rembang. Pihaknya  berharap tradisi semacam ini tetap harus dilestarikan, tetapi tidak meninggalkan etika dan tatakrama, utamanya untuk warga timur. Jangan sampai ini di pakai ke hal-hal yang negatif. Sehingga bisa menciptakan  nilai ekonomi dan sosial suapaya warga tasik agung bisa meningkat kesejahteraannya. ( prasetyo budi wibowo )
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::