30 PPL dari dua Kabupaten ikuti diklat ternak sapi potong

-- --
Sugiyono Petugas BKP dan P4K Kabupaten Rembang

Sulang-Guna penyiapan sumberdaya manusia pertanian di sentra produksi komoditas strategis ternak sapi potong BKP dan P4K Kabupaten Rembang kemarin mengelar Diklat Teknis Tematik Sapi Potong bagi penyuluh pertanian di BP3K Kecamatan sulang. Diklat di laksanakan selama 7 hari yang di diikuti 30 PPL, terdiri dari 22 dari kabupaten Rembang dan 8 pserta dari kabupaten Pati.

Sugiyono Peyugas dari BKP dan P4K kabupaten Rembang mengatakan, diklat teknis tematik ternak sapi potong untuk meningkatkan kompetensi penyuluh pertanian dalam mengawal tehnologi ternak sapi potong. Hal ini sejalan dengan program gerakan pendampingan pengelolaan dan arah Kebijakan Pembangunan Pertanian, khususnya dalam pengembangan delapan komoditas strategis dari kementrian pertanian yaitu padi, jagung, kedelai, tebu, kakao, cabai, bawang merah, dan sapi potong.

Sedangkan materi yang di berikan kepada para peserta diklat yakni 2 hari di pergunakan untuk teori dan 3 hari di pergunakan untuk praktek lapangan dan 2 hari  untuk presentasi. Untuk teori di fokuskan pada pemilihan bibit, kandang, pakan, pemeliharaan hewan, kesehatan hewan dan pengolahan limbah, untuk praktek lapangan di fokuskan pada pemeliharaan ternak sapi dan menyusun ransum ternak sapi, sedangkan di hari terakhir di isi dengan presentasi bagi para peserta diklat

Sugiyono menambahkan prospek ternak sapi potong di kabupaten Rembang dan kususnya di kecamatan Sulang cukup menjanjikan,  banyaknya peternak skala kecil rumahan yang mengembangkan sapi potong, salah satu contoh peternak di desa karang harjo kecamatan sulang.

           Sedangkan di kabupaten Rembang tercatat ada  8000 peternak skala rumah tangga. dengan diklat di harapkan para peserta bisa menyusun petunjuk lapangan dengan permasalahan yang di hadapi kelompok tani kususnya dalam tehnologi pengelolaan sapi potong. sehinga pokok permasalahan yang ada di tingkat poktan bisa sinkron dengan penyuluh kemudian secara bersama menyusun rencana kegiatan yang di sepakati untuk di laksanakan secara bersama guna menyukseskan pengembangan komoditas ternak sapi potong di Kabupaten Rembang. (  heri sugiharto )

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::