6 Poktan kabupaten jepara lakukan studi banding

-- --
Ketua Poktan  margo Mulyo Bambang Sumantri berkaos putih

Sulang-Kelompok ternak kambing margo mulyo desa kemadu kecamatan sulang baru-baru ini  mendapat kunjungan sekaligus sebagai ajang studi banding 6 poktan dari tiga desa di kabupaten jepara kunjungan dan studi banding di kandung maksud untuk lebih meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam budidaya kambing Etawa,

Ketua kelompok ternak kambing margo mulyo Ragil Bambang Sumantri mengatakan, studi banding yang di lakukan 6 kelompok tani dari tiga desa Semanding, Tubanan, dan desa Tengguli. Keberadaannya untuk melihat dari dekat sekaligus belajar teori dan praktek lapangan tentang tata cara pengelolaan peternakan kambing jenis PE dan jenis jawa randu.

Mulai dari pemilihan bibit, pakan sampai dengan pengolahan limbah menjadi pupuk dan pengembangan usaha yang sudah di lakukan poktan tersebut dalam mengolah berbagai aneka produk,  seperti susu dan sabun yang berbahan baku dari susu kambing. untuk di pelajari dan di terapkan di kelompoknya masing masing.

Kursus singkat ini, merupakan langkah penting untuk  memperkuat wawasan anggota dalam membudidayakan ternak kambing peranakan Etawa. di kabupaten jepara. 

Terpisah Suharsono salah satu anggota poktan ternak kambing Karya Mukti desa Semanding kabupaten jepara menambahkan, bersama kelompoknya merasa senang bisa belajar di peternakan kambing margo mulyo sebagai juara satu tingkat propinsi jawa tengah. Ilmu yang di dapat akan di terapkan di kelompoknya seperti apa yang sudah di dapatkan dalam kegiatan studi banding, mulai dari teori budidaya ternak kambing yang benar sampai dengan pengadaan pakan, bibit, penggemukan, pemasaran sampai dengan pengolahan limbah menjadi pupuk organik.

 Selain itu produk olahan yang diproduksi poktan Margomulyo mulai dari pembuatan sabun sampai dengan produk makanan ringan dan minuman semua dipelajari agar nantinya bisa meniru jejak poktan margo mulyo dalam mengembangkan berbagai usaha ternak kambing. (  heri sugiharto )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::