Bimbing Siswa Melek Huruf Arab

-- --
Siswa dan SiswiSMPN 2 Lasem terlihat getol pelajari Huruf Arab

Lasem-Pendidikan karakter yang dikembangkan SMPN 2 Lasem pada tahun pelajaran 2016/2017 salah satunya menyasar penguatan akhlaq dan budi pekerti anak didik. Semua siswa/siswi muslim diberikan pembelajaran baca dan tulis Huruf Arab yang selanjutnya mampu mengkhatamkan membaca Al Qur’an selama tiga tahun menuntut ilmu di sekolah tersebut.

            Kepala SMPN 2 Lasem Istiqomawati menjelaskan, dalam praktik pembelajaran baca tulis Huruf Arab pihak sekolah bekerja sama dengan Ponpes An-nur. Tujuan akhir yang disasar yakni mengentaskan generasi muda dari buta Al Qur’an.

Menurut Isti sapaan akrabnya tahap awal model pembelajaran adalah membuat anak didiknya melek huruf hijaiyah, karena disadari tak semua siswa/siswi mampu membacanya, mencakup kelas 7 ,8 dan 9 dengan waktu pembelajaran Jumat pertama untuk kelas 7, Jumat kedua kelas 8 dan Jumat ketiga kelas 9. 

Kemudian dilakukan pemilahan dalam tiga katagori yaitu kelompok A bagi yang sudah lancar baca dan tulis, golongan B bisa tetapi belum lancar yang dalam pembelajarannya ditangani Ponpes An-nur dan kriteria C sama sekali belum mengenal ditangani oleh para guru setempat.

Isti sampaikan model pembelajaran berikutnya yaitu melancarkan baca Huruf Arab menggunakan Buku Iqro' hingga Al Qur’an. Diharapkan melalui program tersebut pihak sekolah membantu orang tua yang belum sempat memantau pengetahuan mengaji putra dan putrinya.

            Ditambahkan kebanyakan anak didiknya berasal dari keluarga kurang mampu sehingga fokus perhatian utama pada masalah ekonomi kurang memperhatikan pengetahuan agama, sehingga pihaknya putuskan mencanangkan program literasi Huruf Arab untuk seluruh siswa/siswi muslim sekaligus dimaksudkan meringankan tugas orang tua/wali dalam memberikan bekal tambahan ilmu agama untuk putra atau putrinya. (heru budi s )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::