Desa Sambong Payak mendapat verifikasi stop BABS

-- --

Gunem-Tim verifikasi desa ODF (Open Defecation Free) kabupaten Rembang kemarin melakukan verifikasi stop Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) tahun 2016 di desa Sambong payak kecamatan Gunem. Verifikasi dilakukan dengan cara melakukan kunjungan dan berdialog langsung dengan warga serta melakukan inspeksi lapangan.

 Tim verifikasi kabupaten Rembang Arif Sudarminto mengatakan. verifikasi dibagi dalam 6 tim karena desa Sambong Payak ada 6 Rt dan 3 RW. Masing masing tim mengampu satu RT untuk di teliti dan dilakukan ferifikasi kepemilikan jamban dan perilaku BABS di tingkat warga.  


Tim juga  memantau dan memverifikasi warga apakah sudah memenuhi syarat  desa stop BABS, sebab salah satu aspek verifikasi yang dibutuhkan adalah terkait kesadaran dan perilaku masyarakat yang tidak buang air besar di sembarang tempat serta kepemilikan jamban.

 Terpisah Sekretaris desa Sambong Payak Rahmad Santoso menambahkan memasuki tahap verifikasi kali ini pihak desa sudah melakukan langkah persiapan yang cukup baik dengan melakukan sosialisasi di tingkat RT tentang pentingnya kepemilikan jamban dan hidup bersih.


Hasil verifikasi  kesadaran warga dalam melakukan gerakan stop BABS di desanya sudah tergolong baik, meskipun masih ada beberapa rumah tangga yang belum mempunyai WC pribadi dan harus menumpang di rumah tetangga. Dari akses penggunaan jamban yang di miliki warga ada 117 jamban leher angsa, 39 jamban blung dan selebihnya 47 KK masih menumpang di rumah tetangga. Dengan adanya verifikasi kali ini diharapkan desa Sambong Payak menjadi salah satu desa yang nantinya masuk dalam kategori desa ODF.( heri sugiharto )
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::