Digitalisasi Catat Meter PDAM

-- --
Direktur PDAM Kab Rembang M Affan tegaskan digitalisasi menjadi keniscayaan untuk optimalisasi hasil penghitungan tagihan kepada pelanggan

Rembang-Komplain pelanggan Perusahaan daerah air minum (PDAM) atas tagihan yang dirasa tak sesuai dengan penggunaan seperti yang tertera dan harus dibayar acapkali terjadi,  Kekeliruan  mungkin disebabkan 2 hal yaitu teknis dan human errorm demikian keterangan direktur PDAm Rembang  Affan  di ruang kerjanya.

Dijelaskan beberapa faktor tehnik bisa menjadi penyebabnya karena meter air berembunm sehingga salah pembacaan angka, pagar rumah dalam kondisi terkunci saat petugas catat meter datang sehingga diasumsikan pemakaian sama dengan bulan sebelumnya,

Adapun human error lanjut Affan adalah masih digunakannya metode manual dalam menghitung tagihan pemakaian air rumah pelanggan. Meski sudah dimodernisasi dengan cara meter air difoto tetapi pengelolaan data berikutnya dihitung dengan aplikasi kalkulator yang terpasang pada komputer dan jika operator salah memasukkan angka maka berimbas di print out tagihan yang harus dibayar pelanggan.

Affan tegaskan solusi paling tepat sebagai antipasi hanya melalui digitalisasi menggunakan aplikasi jejaring kerja. Dimaksudkan catat meter dikirim ke Kantor PDAM selanjutnya masuk serever selanjutnya data diolah mengunakan sofware khusus hingga muncul tagihan yang akurasi kebenarannya mendekati 100%.

Disinggung nilai investasi atas program digitalisi yang digagasnya, Affan yakinkan nilainya ditekan serendah mungkin jika nanti memang terwujud dengan cara dipihak ketigakan. Rekanan penyedia program yang menanggung pengadaan sarprasnya dan pihaknya memberikam lisensi serta membayar biaya per lembar hasil print out tagihan hasil sistem digitalisasi tersebut. 

Tak berhenti hal itu saja tambah Affan, rekanan penyedia aplikasi digitalisasi juga wajib menugaskan personel catat meter karena nantinya berupa satu paket pekerjaan. Pasalnya mereka yang bertugas saat ini adalah karyawan bagian teknik yang harus rangkap pekerjaan karena tak ada personel khusus menanganinya, bila klausul ini disetujui pihak rekanan sudah pasti kinerja bagian tekhnik berjalan maksimal karena full time fokus pada tupoksinya.

Diinformasikan pula layanan pembayaran tagihan PDAM secara online akan ditingkatkan guna memudahkan pelanggan yang tergolong sibuk. Kantor-kantor yang ada di beberapa kecamatan ditingkatkan fungsinya menjadi outlet pembayaran model transfer uang tersebut. (. heru budi s )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::