Dua desa di Dorong menjadi desa wisata

-- --

Bulu-Dua desa di Kecamatan Bulu yakni desa Bulu dan desa karangasem didorong menjadi desa wisata pembentukan desa wisata. Langkah ini sebagai tindak lanjut  hasil dari studi banding yang akan di implementasikan dalam pembentukan desa wisata.

Kasi tata pemerintahan kecamatan Bulu Teguh Hariyadi mengatakan di pilihnya ke dua desa tersebut karena dua desa mempuyai keunggulan tersendiri dalam bidang pariwisata, seperti desa Bulu terdapat makam pahlawan emansipasi wanita RA Kartini, kerajinan tunggak kayu, bumi perkemahan dan agro wisata perkebunan pisang.

Sedangkan desa karangasem sebagai tempat tujuan wisata religi karena ada makam wali Allah yang selalu  diperingati setiap satu tahun satu kali oleh ribuan peziarah dari berbagai kabupaten. Untuk itu dalam waktu dekat pihak desa dan kecamatan bulu akan segera merumuskan pembentukan desa wisata yang juga melibatkan pelaku wisata yang ada di desa seperti pokdarwis

 Selain itu pembentukan desa wisata bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatm, dengan adanya desa wisata maka terbukanya lapangan kerja baru termasuk  penjualan berbagai produk rumah tangga seperti kuliner dan produk kerajinan maupun produk perkebunan.

Teguh Hariyadi menambahkan untuk menjadi Desa Wisata harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai, walaupun bentuknya sederhana. Sebab untuk membuat desa wisata, memang dibutuhkan peran aktif dari masyarkat desa setempat, harus bisa menciptakan suasana desa sebagaimana tempat wisata. yakni ramah terhadap wisatawan, serta mampu menciptakan lingkungan aman dan nyaman.

Ditambah lagi sarana dan prasarama juga harus di persiapkan dengan baik seperti perbaikan jalan, ruang dan tempat publik, serta fasilitas sarana penunjang seperti toilet umum yang mudah diakses, tempat ibadah, penginapan (home stay), ruang istirahat yang kesemuanya sudah ada di dua desa tersebut, Sehingga  tinggal bagaimana dinas instansi terkait memoles dua desa tersebut menjadi desa tujuan wisata. (  Heri sugiharto)

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::