Hidupkan olahraga tradisional

-- --
Salah satu peserta engrang putri mengikuti lomba 

Peserta engrang putra saling berlomba mendahului 

Rembang-Olah raga tradisional seperti Engrang, trompah panjang (sepatu gapyak),  dan gobak sodor yang semakin tergerus dengan olah raga modern, perlu dilestarikan dan dihidupkan kembali.

Pemkab Rembang melalui Dinas Kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga (Dinbudparpora) kabupaten Rembang dalam memperingati hari jadi kabupaten Rembang ke 275 dan rangkaian menyambut hari kemerdekaan RI ke 71 pagi tadi (11/8) menyelenggarakan lomba olahraga tradisional tersebut. Kegiatan yang berlangsung dialun-alun Rembang melibatkan unsur perwakilan dari SKPD baik vertikal maupun horizontal .

Plt Kepala Dinbudparpora Suyono mengatakan penyelenggaraan olahraga tradisional  egrang, gapyak, gobak sodor dipilih agar tidak punah dan masyarakat Rembang memilikinya. Menurutnya olah raga tersebut disamping murah, meriah, ada unsur lucu dan mengasyikkan bisa membuat masyarakat tenang, Dari kegiatan ini yang paling penting nanti bisa menjadi aset dalam menunjang pariwisata dikabupaten Rembang.

Sementara itu Teguh hariyadi salah satu Penonton mengatakan, antusias sebagian besar penonton sangat tinggi  menyaksikan kegiatan lomba . Kegiatan lomba  tradisional ini perlu dilestarikan  dari tahun-ketahun dan menjadi agenda rutin karena baru kali pertama dilaksanakan dinas terkait. 

Teguh Ariyadi berharap pula agar olah raga tradisional tidak terkikis dengan olah raga modern perlu  dihidupkan kembali sehingga perlu  diupayakan  kepada seluruh lembaga sekolah  di Rembang  agar kegiatan olah raga tradisional ini bisa diajarkan  ke siswa siswi baik SD, SLTP, maupun SLTA. Salah satunya dilombakan melalui berbagai event kegiatan agar tidak punah.( Mufti affandi )  

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::