Intensif Patroli Tempat Ibadah Antisipasi Konflik Sosial

-- --

Jajaran Polres Rembang patroli di kawasan Klenteng Hok Tek Cheng Sin Desa Pulo Kecamatan Rembang

Beragamnya suku, ras dan agama di Indonesia yang ada di masing-masing wilayah memungkinkan terjadi gesekan. Kebanggaan-kebanggaan simbol yang ditampilkan terus menerus  setahap demi setahap bisa menumbuhkan bibit dendam hingga akhirnya meletus pada gerakan perusakan tempat ibadah, seperti halnya yang terjadi di Tanjung Balai Sumatra Utara, belum lama ini.

Kejadian massa turun ke jalan melakukan perusakan Klenteng dan Vihara tentunya turut menjadi perhatian tersendiri bagi Polres Rembang. Untuk itu telah dilakukan langkah antisipasi menggelar patroli di sejumlah kelenteng yang ada di wilayah Rembang.

Jajaran Polres Rembang  intensif dikerahkan untuk mengadakan patroli menyasar Klenteng Hok Tek Cheng Sin dan Klenteng Tjioe Hwie Kiong yang berada di Kecamatan Rembang. Selain memantau kondusifitas kedua klenteng tersebut, kepada pengurus diminta untuk meningkatkan kewaspadaannya dan selalu berkordinaasi dengan aparat kepolisian terkait keamannnya.

Kapolres Rembang AKBP Sugiarto melalui Kabag Ops Kompol Yohan Kompol Yohan  berpesan hendaknya pengurus dan jamaat Klenteng selalu berinteraksi dengan umat beragama yang lain, apabila akan menghelat kegiatan supaya tidak memunculkan kesalah pahaman antara mereka.

Seperti diketahui, di Kabupaten Rembang terdapat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang dibentuk dalam rangka menjaga keutuhan NKRI, meskipun dalam keyakinan ada perbedaan, antara tokoh agama dan umat sepakat saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada,


Sehingga tidak menumbuhkan perselisihan, melainkan melestarikan persatuan dan kerukunan yang sudah terbina sekian lama untuk mengimplementasikan
hidup rukun berdampingan dalam perbedaan. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::