Kantor Parsip Genjot Budaya Literasi

-- --

Pengenalan IT ditujukan masyarakat umum dirancang untuk tumbuhkan minat baca dan tulis


Rembang-Pihak-pihak terkait dunia baca dan tulis bergegas mensukseskan budaya literasi di Kabupaten Rembang. Sasaran diperluas tak hanya fokus mengajak masyarakat gemar membaca saja namun juga dikenalkan kegiatan lain yang menjadi pendukungnya.

Seperti yang dilaksanakan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Rembang, setelah belum lama ini membidik pembangunan sumber daya manusia melalui budaya membaca dan menulis lewat program Menciptakan Insan Cakap dan Ramah Literasi (Microlite) disusul membuat agenda lain untuk membudayakan literasi pada seluruh elemen masyarakat.

            Terkait Microlite, Kepala Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Rembang  Edi Winarno mengatakan, dengan adanya program tersebut diharapkan dapat memacu masyarakat untuk membudayakan baca dan tulis sebagai bagian dari hidup keseharian. Hal tersebut sebagai bentuk komitmen pemda setelah mencanangkan kabupaten Literasi pada tahun ini, tentunya tak hanya fokus membangun infrastruktur, tetapi juga memperhatikan pengembangan kapasitas SDM.

Implementasinya beragam sambung Edi Winarno, dalam praktiknya memacu bagaimana masyarakat khususnya anak-anak dan remaja tertarik lebih meningkatkan budaya literasi melalui kegiatan-kegiatan atau kebijakan yang membuat antusias membaca dan menulis. Termasuk ditempuh langkah menjalin kerjasama dengan pihak ketiga dalam mewujudkan program Microlite agar terwujud secara maskimal.

Edi Winarno tambahkan program lain penunjang budaya literasi yang beberapa hari lalu diadakan berupa pelatihan komputer dasar dan internet diikuti masyarakat umum, kemudian pelatihan membuat blog ditujukan kawula muda. Adapun yang akan diadakan yakni pelatihan singkat usaha kecil menengah Go Online besok Sabtu (13/8/2016) di Perpusda mulai pukul 09.00 wib dengan tujuan memberikan bekal pengetahuan kepada pelaku usaha kecil menengah yang ingin mengetahui strategi atau sekedar ingin mengetahui tentang seluk beluk berjualan online.

Seperti diketahui, pemda pada 27 Maret 2016 kemarin diwakili Wabup Bayu Andriyanto telah mencanangkan Kabupaten Literasi bertempat di Aula Lantai 4 Kantor Bupati. Disampaikannya  program literasi adalah gerakan untuk menjadikan sebuah kota/kabupaten menjadi sebuah daerah yang masyarakatnya memiliki budaya membaca dan menulis setara dengan bangsa-bangsa maju lainnya. 

Gerakan tersebut bertujuan untuk menjadikan masyarakat memiliki komunitas yang memiliki budaya membaca dan menulis yang tinggi yang dimulai dengan menerapkan program membaca yang sistematik, terstrukstur, massif dan berkelanjutan baik di sekolah (TK, SD, SLTP, SLTA) maupun Perguruan Tinggi (PTS dan PTN) maupun di masyarakat umum yang akan diinisiasi dan dikoordinir oleh pemerintah. (, heru budi s )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::